EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Rekontruksi Proses Pembelajaran Al Islam dan Kemuhammadiyahan (ISMU) SMA Muhammadiyah 2 Klampangan Kecamatan Sebangau Palangkaraya

M., Zuhri (2015) Rekontruksi Proses Pembelajaran Al Islam dan Kemuhammadiyahan (ISMU) SMA Muhammadiyah 2 Klampangan Kecamatan Sebangau Palangkaraya. Tesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (548kB) | Preview

ABSTRAK

M. Zuhri, Rekontruksi Proses Pembelajaran Al Islam dan Kemuhammadiyahan (ISMU) SMA Muhammadiyah 2 Klampangan Kecamatan Sebangau Palangkaraya, di bawah bimbingan I Prof. Dr. H. Kamrani Buseri, M.A, dan II Dr. Ridhahani Fidzi, M.Pd, pada Program Pasca Sarjana IAIN Antasari Banjarmasin, 2013. Pendidikan merupakan aspek terpenting untuk dimiliki oleh setiap umat manusia, karena dengan pendidikan dapat menciptakan perubahan sikap yang baik pada diri seseorang. Dalam proses pelaksanaan pendidikan setidaknya mempunyai dua proses utama yaitu mengajar dan diajar. Fenomena yang terjadi pada proses pembelajaran di SMA Muhammadiyah 2 Kelampangan Kecamatan Sebangau terutama pada pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammdiyahan, maka perlu kiranya dilakukan sebuah studi kritis untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan pelaksanaan pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di SMA. Muhammadiyah 2 Kelampangan Kecamatan Sebangau, sehingga akan ditemukan sebab-sebab terjadinya kesenjangan (gap) antara harapan sekolah untuk mendakwahkan Muhammadiyah kepada peserta didik dan keinginan peserta didik untuk dapat mengeyam pendidikan yang sesuai dengan keinginan mereka. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dalam Tesis ini untuk menyelesaikan penelitian tersebut. Peneliti berkeyakinan dengan menggunakan pendekatan kualitatif karena masalah dalam penelitian ini sangat holistik, kompleks, dinamis dan penuh makna sehingga tidak mungkin data pada situasi sosial tersebut dijaring dengan metode penelitian kuantitatif dengan instrument seperti test. Selain itu penulis bermaksud memahami situasi sosial secara mendalam, menemukan pola atau model, hipotesis dan teori yang terkait dengan rekonstruksi pendidikan agama Islam dan Kemuhamadyahan. Hasil temuan menunjukkan bahwa Proses pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (ISMU) di SMA Muhammadiyah Kelampangan Kecamatan Sebangau belum dapat berjalan efektif. Hal ini disebabkan oleh karena minimnya pemahaman tentang panduan dan bahan pengajaran yang jelas tentang Al-Islam dan Kemuhammadiyahan. Kata Kunci: Rekonstruksi, Proses Pembelajaran, Al-Islam, Kemuhammadiyahan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Mur Tini
Date Deposited: 04 Aug 2015 01:25
Last Modified: 04 Aug 2015 01:25
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/975

Actions (login required)

View Item View Item