EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian Melalui Metode Index Card Match pada Siswa Kelas II MI Thalabul Khair Kertak Hanyar.

Norsehan, Norsehan (2015) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian Melalui Metode Index Card Match pada Siswa Kelas II MI Thalabul Khair Kertak Hanyar. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (290kB) | Preview

ABSTRAK

Norsehan. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian Melalui Metode Index Card Match pada Siswa Kelas II MI Thalabul Khair Kertak Hanyar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah. Pembimbing: Dr. Ahmad Salabi, S. Ag. M, Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian, Metode Index Card Match. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran konsep perkalian dan pembagian dan meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode index card match pada mata pelajaran Matematika kelas II semester II tahun ajaran 2013/2014 pada Madrasah Ibtidaiyah Thalabul Khair. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus penelitian. Pada setiap siklus yakni siklus I, siklus II dan siklus III terdiri atas satu kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II MI Thalabul Khair pada semester genap tahun ajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa sebanyak 27 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi dan tes tertulis, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata dan persentasi. Penelitian Tindakan Kelas pada mata pelajaran matematika melalui metode index card match telah berjalan sesuai dengan yang direncanakan, hal tersebut dapat dilihat dari kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru pada materi perkalian dan pembagian yang berjalan dengan sangat baik dan sesuai dengan rencana karena setiap akhir pembelajaran selalu diadakan refleksi untuk diadakan perbaikan. Aktivitas tersebut mengalami peningkatan sebesar 29,0% yaitu dari 68,0% pada pertemuan siklus I menjadi 97,0% pada pertemuan siklus III. Kemudian dilihat dari kegiatan pembelajaran terhadap siswa juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan sebesar 35,00% yaitu dari skor rata-rata 62,50% (aktif) pada pertemuan siklus I meningkat menjadi 97,50% (sangat aktif) pada pertemuan siklus III. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa tentang materi perkalian dan pembagian melalui metode index card match pada mata pelajaran matematika kelas II MI Thalabul Khair Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar, dinyatakan berhasil dan tujuan pembelajaran tercapai. Hal ini dibuktikan dari hasil belajar siswa pada pelaksanaan siklus I sampai dengan siklus III yang menunjukkan adanya peningkatan yaitu dari nilai rata-rata 6,15 pada siklus I menjadi 7,37 pada siklus III. Ketuntasan belajar pun juga mengalami peningkatan yang sangat baik sebesar 62,96% yaitu dari hanya 37,04% menjadi 100%.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: atailah atay wahdah
Date Deposited: 04 Aug 2015 01:25
Last Modified: 04 Aug 2015 01:25
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/973

Actions (login required)

View Item View Item