EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Partisipasi Orang Tua Terhadap Pendidikan Agama Anak Di SDN Simpang Empat Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar (Studi Kasus Lima Keluarga Siswa SDN Simpang Empat)

Maya, Sari (2015) Partisipasi Orang Tua Terhadap Pendidikan Agama Anak Di SDN Simpang Empat Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar (Studi Kasus Lima Keluarga Siswa SDN Simpang Empat). Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (285kB) | Preview

ABSTRAK

Orangtua adalah pendidikan utama dan pertama bagi anak-anak mereka.Oleh karena itu,orang tua berkewajiban untuk memberikan pendidikan bagi anak-anaknya khususnya pendidikan agama.Sehingga anaknya menjadi orang yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT. Penelitian ini mengemukakan tentang partisipasi orangtua terhadap pendidikan agama anak di SDN Simpang Empat Kertak Hanyar Kabupaten Banjar.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana partisipasi orangtua terhadap pendidikan agama anak di SDN Simpang Empat Kertak Hanyar Kabupaten Banjar danfaktor-faktor apa saja yang mempengaruhinya. Subjek dalam penelitian ini penulis batasi hanya 5 orangtua (ayah, ibu atau wali siswa) dari 5 siswa kelas VI di SDN Simpang Empat Kertak Hanyar Kabupaten Banjar tahun ajaran 2013/2014 dari latar belakang yang berbeda. Adapun objek penelitian ini adalah partisipasi orang tua terhadap pendidikan agama anak di SDN Simpang Empat Kertak Hanyar Kabupaten Banjar dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhinya. Penelitianinimerupakanpenelitianlapangan(field research) untukmemperoleh data yang diperlukan, penulismenggunakanteknikobservasi, wawancaradan documenter.Selanjutnya semua data dianalisis dengan menggunakan teknik dekriptif kualitatif dan kemudian diberikan kesimpulan dengan metode induktif. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan dapat diketahui bahwa partisipasi orangtua terhadap pendidikan anak di SDN Simpang Empat Kertak Hanyar Kabupaten Banjar dapat dikatakan cukup. Demikian pula dalam hal pengamalan pengajaran agama anak seperti shalat, puasa dan membaca Al-Qur’an. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti latarbelakang pendidikan orang tua mayoritas hanya sampai tingkat SD dan hanya sebagian saja yang sampai tingkat MTsN.Waktu dan kesempatan yang tersedia untuk berkumpul dengan keluarga dan keadaan lingkungan sosial yang cukup mendukung, namun para orangtua masih kurang memanfaatkan kondisi tersebut dengan maksimal.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Mur Tini
Date Deposited: 30 Jun 2015 07:39
Last Modified: 14 Jul 2015 13:04
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/96

Actions (login required)

View Item View Item