EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Partisipasi Politik Masyarakat Dalam Pemilukada Kabupaten Pulang Pisau (Studi Kasus Di Kelurahan Pulang Pisau Kecamatan Kahayan Hilir Kabupaten Pulang Pisau)

Salim, Muhammad Abdus (2014) Partisipasi Politik Masyarakat Dalam Pemilukada Kabupaten Pulang Pisau (Studi Kasus Di Kelurahan Pulang Pisau Kecamatan Kahayan Hilir Kabupaten Pulang Pisau). Skripsi, Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam.

[img]
Preview
Text
Bab I - V.pdf

Download (4MB) | Preview

ABSTRAK

Muhammad Abdus Salim. 2014. Partisipasi Politik Masyarakat Dalam Pemilukada Kabupaten Pulang Pisau (Studi Kasus Di Kelurahan Pulang Pisau Kecamatan Kahayan Hilir Kabupaten Pulang Pisau. Skripsi, Jurusan Hukum Tata Negara, Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam. Pembimbing: (I) Prof. DR. H. A. Hafiz Anshary, M.A, (II) Imam Alfiannoor, M.H.I. Partisipasi politik yang merupakan wujud pengejawantahan kedaulatan rakyat adalah suatu hal yang sangat fundamental dalam proses demokrasi. Apabila masyarakat memiliki tingkat partisipasi yang tinggi maka proses pembangunan politik dan praktik demokratisasi di Indonesia akan berjalan dengan baik. Hal ini terjadi di kelurahan Pulang Pisau pada pemilukada 2013. Masyarakat kelurahan Pulang Pisau dalam kehidupan sehari-harinya hanya menjadi buruh dan bertani dan cenderung apatis terhadap politik. Kesadaran politik mereka masih rendah. Hal ini bisa dilihat dengan ditemukannya praktik money politic, mana calon yang menghasilkan uang lebih banyak, itulah yang dipilih. Jika tidak ada calon yang memberikan uang, mereka lebih memilih untuk golput. Kultur dan latar belakang ekonomi Kelurahan Pulang Pisau yang mayoritas adalah buruh dan petani, membuat mereka tidak paham betul mengenai realitas yang terjadi di Kelurahan Pulang Pisau. Hal itu menjadi alasan fundamental bagi mereka untuk menerima uang dari para kandidat dalam Pemilukada Kabupaten Pulang Pisau 2013. Fakta ini yang membuat partisipasi masyarakat Kelurahan Pulang Pisau mudah dikendalikan oleh oknum yang berkepentingan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang paling berpengaruh terhadapa partisipasi politik masyarakat Kelurahan Pulang Pisau adalah money politic (76%). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui respon masyarakat Kelurahan Pulang Pisau dalam mengikuti Pemilukada, serta faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi masyarakat Kelurahan Pulang Pisau dalam Pemilukada. Subyek dalam penelitian ini adalah masyarakat Kelurahan Pulang Pisau Kecamatan Kahayan Hilir Kabupaten Pulang Pisau yang diambil sampel 100 responden dari daftar pemilih tetap (DPT) 5008 orang. Penelitian ini menggunakan metode obsevasi, penyebaran angket (kuesioner), wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulakan, masyarakat Kelurahan Pulang Pisau dalam Pemilukada Kabupaten Pulang Pisau 2013 cenderung menerima hadirnya money politic. Meskipun demikian, mereka tetap mau berpartisipasi jika tidak ada money politic, hanya saja jika diberi uang mereka mereka akan menerimanya. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi politik masyakat Kelurahan Pulang Pisau dalam jumlah presentase diantaranya terdapat, faktor hubungan masyarakat dengan calon (4%), faktor money politic (76%), faktor kondisi sosial ekonomi (10%), dan faktor sosial politik (10%).

Item Type: Skripsi
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Depositing User: Mr. Moch Isra Hajiri
Date Deposited: 03 Aug 2015 05:55
Last Modified: 03 Aug 2015 05:59
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/955

Actions (login required)

View Item View Item