EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

PENERAPAN NILAI-NILAI KARAKTER PADA PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL-KHAIR BARABAI TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Muhammad, Yusuf (2015) PENERAPAN NILAI-NILAI KARAKTER PADA PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL-KHAIR BARABAI TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Tesis, Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (201kB) | Preview

ABSTRAK

Penelitian ini bertolak dari penerapan pendidikan karakter yang dicanangkan oleh pemerintah melalui kementrian Pendidikan Nasional bagi semua tingkat pendidikan, baik mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Gagasan ini muncul karena proses pendidikan yang selama ini dilakukan dinilai belum sepenuhnya berhasil dalam membangun manusia Indonesia yang berkarakter.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan nilai-nilai karakter pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SD-IT) Al-Khair Barabai tahun pelajaran 2013/2014 Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru IPA dan siswa. Sedang yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah proses penerapan nilai-nilai karakter pada pembelajaran IPA yaitu nilai karakter disiplin, rasa ingin tahu, jujur, komunikatif dan teliti pada materi energi dan penggunaanya pada kelas IV, energi dan perubahannya pada kelas V serta materi bumi dan alam semesta pada kelas VI. Untuk memperoleh data yang diperlukan, peneliti mengamati pelaksanaan pembelajaran IPA yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran IPA di SD-IT Al-Khair Barabai tahun pelajaran 2013/2014 terlaksana dengan baik. Dari segi perencanaan guru dalam penerapan pendidikan karakter. Guru dalam membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) karakter pada dasarnya berasal dari RPP yang sudah ada, bedanya pada tujuan pembelajarannya yang memuat pendidikan karakter dan terintegrasi pada kegiatan pembelajaran. Pada pelaksanaannya guru dalam menciptakan suasana kelas yang mengundang disiplin, rasa ingin tahu, jujur, komunikatif dan teliti dikategorikan baik. Evaluasi pembelajarannya guru dalam menilai karakter siswa berdasarkan keaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Mur Tini
Date Deposited: 30 Jun 2015 07:40
Last Modified: 30 Jun 2015 07:40
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/95

Actions (login required)

View Item View Item