EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Meningkatkan Aktivitas Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn melalui Metode Pembelajaran Role Playing Pada Siswa Kelas V MIN Pekauman Kota Banjarmasin

Kadir, Abdul (2014) Meningkatkan Aktivitas Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn melalui Metode Pembelajaran Role Playing Pada Siswa Kelas V MIN Pekauman Kota Banjarmasin. Skripsi, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (176kB) | Preview

ABSTRAK

ABSTRAK Abdul Kadir, 2014 . Meningkatkan Aktivitas Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn melalui Metode Pembelajaran Role Playing Pada Siswa Kelas V MIN Pekauman Kota Banjarmasin. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah. Pembimbing: Hj, Isny Lelly,M.Ag Kata Kunci : Hasil belajar, pembelajaran Role Playing Belajar merupakan proses yang bisa dipengaruhi oleh banyak faktor , baik faktor internal maupun eksternal. Motivasi sebagai faktor internal mempunyai peranan yang sangat penting dalam mendukung siswa untuk melakukan aktivitas belajar. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan PKn dengan menggunakan strategi role playing. Penelitian mengambil lokasi di MIN Pekauman Kecamatan Banjarmasin Selatan dengan metode penelitian tindakan kelas classroom action reserch, dengan menggunakan teknik pengambilan dana secara kuantitatif. Subyek penelitian adalah siswa kelas lima sebanyak 30 orang, serta obyek diteliti adalah peningkatan motivasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan PKn. Jenis data dalam penelitian ini berupa data kuatitatif dan kuantitatif yang terdiri-dari data hasil lembar observasi.Jurnal mengajar dan tes hasil belajar, selanjutnya dianalisis secra deskriftif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan strategi role playing sangat efektif untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan PKn, karena strategi ini menuntut keaktifan dan kretivitas siswa sehingga siswa akan lebih antusias dan ceria serta belajar dengan rileks, dan ini memudahkan siswa untuk memahami pelajaran dengan baik. Dan ini dapat dilihat dari hasil analisis evaluasi akhir yaitu siswa memperoleh nilai baik. Keterlaksanaan rencana pembelajaran dengan strategi role playing selama 2 siklus terjadi peningkatan 7 % siklus I menjadi 81 % siklus II, dan hal ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan strategi yang tepat akan membuat ssiswa menjadi lebih termotivasi, berminat, aktif dan keriatif sehingga pembelajaran menjadi efektif.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Zulkifli Ariyadi
Date Deposited: 03 Aug 2015 05:10
Last Modified: 03 Aug 2015 05:10
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/940

Actions (login required)

View Item View Item