EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

PENDIDIKAN AKIDAH ISLAM PADA ANAK DALAM KELUARGA Studi Pada Kalangan Keluarga Guru Negeri (PNS) di Desa Pelajau Kecamatan Pandawan Kabupaten Hulu Sungai Tengah

Nur, Azizah (2015) PENDIDIKAN AKIDAH ISLAM PADA ANAK DALAM KELUARGA Studi Pada Kalangan Keluarga Guru Negeri (PNS) di Desa Pelajau Kecamatan Pandawan Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Tesis, Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
Azizah azizah.pdf

Download (3MB) | Preview

ABSTRAK

Penelitian ini mengemukakan tentang upaya orang tua dalam memberikan pendidikan akidah Islam untuk anak pada keluarga guru di desa Pelajau Kecamatan Pandawan Kabupaten Hulu Sungai Tengah dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhinya. Subjek dalam penelitian ini adalah para orang tua anak yang berprofesi sebagai guru yang memiliki anak usia sekolah dengan usia antara 4-15 tahun dan yang tinggal dalam satu rumah serta bertempat tinggal di Desa Pelajau Kecamatan Pandawan Kabupaten Hulu Sungai Tengah yang berjumlah 11 orang. Adapun objek dalam penelitian ini adalah upaya orang tua dalam memberikan pendidikan akidah Islam untuk anak pada keluarga guru di Desa Pelajau Kecamatan Pandawan Kabupaten Hulu Sungai Tengah serta dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, angket, dan dokumenter. Setelah data didapatkan kemudian diolah dengan beberapa teknik yaitu editing, koding, skoring, tabulating, dan interpretasi data. Selanjutnya semua data dianalisa menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kemudian diberikan kesimpulan dengan metode induktif yang bertujuan melengkapi uraian dengan membuat deskripsi dan analisis secara kualitatif. Hasil penelitian ini diketahui bahwa pendidikan akidah Islam untuk anak pada keluarga guru di desa Pelajau Kecamatan Pandawan Kabupaten Hulu Sungai Tengah yang meliputi mengajarkan, mengarahkan, mendisiplinkan, dan mengasuh anak dalam rumah tangga sudah terlaksana dengan baik seperti mengajarkan akidah Islam untuk anak dalam keluarga dengan menanamkannya kepada anak sejak dari kandungan sampai beranjak dewasa, mengarahkan akidah anak dalam keluarga dengan memberikan contoh dan keteladanan serta penekanan pada perasaan muraqabah allah selalu dalam pantauan Allah agar sejalan pada akidah yang benar dan takut berbuat yang tidak benar, mendisiplinkan akidah anak dalam keluarga dengan memberikan motivasi, rewards dan punishment yang mendidik untuk menjadikan anak mempunyai akidah yang kuat, serta mengasuh anak dalam rumah tangga dengan selalu berusaha memberikan pendidikan akidah yang berkesinambungan, selalu mengingat Allah untuk taat beribadah, dan memberikan pengawasan terhadap perkembangan keagamaan dan akidah yang kuat dalam diri anak. Faktor yang mempengaruhinya seperti latar belakang pendidikan yang cukup tinggi, keadaan ekonomi orang tua yang cukup mendukung, pemanfaatan waktu dan kesempatan yang diberikan orang tua yang baik, serta lingkungan sosial keagamaan yang mendukung menjadi faktor penunjang yang sangat efektif dalam upaya orangtua memberikan pendidikan akidah Islam untuk anak pada keluarga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Mur Tini
Date Deposited: 30 Jun 2015 07:40
Last Modified: 30 Jun 2015 07:40
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/94

Actions (login required)

View Item View Item