EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Melalui Metode Kerja Kelompok Siswa Kelas VI MIN Panawakan Kecamatan Haur Gading Kabupaten Hulu Sungai Utara

HASPANI, HASPANI (2015) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Melalui Metode Kerja Kelompok Siswa Kelas VI MIN Panawakan Kecamatan Haur Gading Kabupaten Hulu Sungai Utara. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (294kB) | Preview

ABSTRAK

Haspani. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Melalui Metode Kerja Kelompok Siswa Kelas VI MIN Panawakan Kecamatan Haur Gading Kabupaten Hulu Sungai Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah. Pembimbing : Dr. Hairul Hudaya, M.Ag. Kata kunci : Hasil Belajar, dan Metode kerja Kelompok. Pembelajaran IPS di sekolah selama ini sebagian besar masih menggunakan model pembelajaran yang bersifat konvensional, hal ini mengakibatkan rendahnya perhatian siswa sehingga hasil belajar yang dicapai mereka menjadi kurang optimal. Hal tersebut juga terjadi pada MIN Panawakan Kecamatan Haur Gading Kabupaten Hulu Sungai Utara. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI pada semester II pada MIN Panawakan Kecamatan Haur Gading Kabupaten Hulu Sungai Utara. Untuk mata pelajaran IPS dengan menggunakan Metode Kerja Kelompok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Pada setiap siklus yakni siklus I dan siklus II terdiri atas dua kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VI MIN Panawakan Kecamatan Haur Gading Kabupaten Hulu Sungai Utara pada semester genap tahun ajaran 2013/2014, dengan jumlah siswa 12 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi dan tes tertulis, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata dan persentase. Hasil penelitian ini diperoleh (1) aktivitas siswa mengalami peningkatan dari akhir siklus I ke akhir siklus II sebesar 58.33% dengan kriteria aktif menjadi 50% dengan kriteria sangat aktif, jika pada siklus I masih ada beberapa komponen yang harus ditingkatkan, pada siklus II komponen tersebut sudah bagus dilaksankan siswa; (2) hasil peningkatan penguasaan siswa secara kelompok juga mengalami peningkatan yaitu dari rata-rata 12% pada siklus I meningkat menjadi 15.67% pada siklus II; (3) hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan sebesar 58.33% dengan rata-rata 63.33 pada siklus I menjadi 83.33% dengan rata-rata 74.16 pada siklus II di atas standar ketuntasan belajar mata pelajaran IPS yang telah ditetapkan yaitu 7.00. Pembelajaran dengan menggunakan metode kerja kelompok dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar serta pemahaman/pengetahuan siswa kelas VI MIN Panawakan Kecamatan Haur Gading Kabupaten Hulu Sungai Utara , sehingga memudahkan guru untuk mengelompokkan mereka secara heterogen dan memudahkan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: atailah atay wahdah
Date Deposited: 03 Aug 2015 05:10
Last Modified: 03 Aug 2015 05:10
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/933

Actions (login required)

View Item View Item