EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Keterampilan Manajerial Kepala Madrasah Dalam Mempertahankan Eksistensi Madrasah Tsanawiyah Nahdhatul Ulama Haruyan Kabupaten Hulu Sungai Tengah

MUHAMMAD, AKLI (2015) Keterampilan Manajerial Kepala Madrasah Dalam Mempertahankan Eksistensi Madrasah Tsanawiyah Nahdhatul Ulama Haruyan Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Tesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
BAB I - SELESAI.pdf

Download (4MB) | Preview

ABSTRAK

Muhamad Akli, Keterampilan Manajerial Kepala Madrasah Dalam Mempertahankan Eksistensi Madrasah Tsanawiyah Nahdhatul Ulama Haruyan Kabupaten Hulu Sungai Tengah, dibawah bimbingan Prof. Dr. H. Asmaran, As, MA dan Dr. Ahmad Salabi, M. Pd. Tesis pada Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Antasari Banjarmasin, 2014. Kata kunci: Keterampilan Manajerial, Strategi, Eksistensi, Madrasah Tsanawiyah Nahdhatul Ulama. Pendidikan dan pengajaran yang berhasil dalam mencapai tujuan di madrasah membutuhkan keterampilan manajerial kepala madrasah. Keterampilan manajerial mutlak dimiliki oleh kepala madrasah sebagai orang yang bertanggung jawab terhadap madrasah yang di kelolanya. Madrasah Tsanawiyah Nahdhatul Ulama Haruyan adalah lembaga pendidikan yang berbasis organisasi keagamaan, Nahdhatul Ulama (NU) yang ada di kecamatan Haruyan Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Untuk mempertahankan eksistensinya diperlukan keterampilan manajerial kepala madrasah. Eksistensi dalam hal sarana prasarana, jumlah siswanya, hasil kelulusannya maupun manfaat ilmu yang diperoleh siswa dapat dirasakan oleh masyarakat sehingga mendapat perhatian orang tua siswa dan masyarakat. Penelitian dalam tesis ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif dalam rancangan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan teknik reduksi data, display data, pengecekan keabsahan data melalui triangulasi dan member cek kemudian penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian tentang keterampilan manajerial kepala madrasah ditemukan bahwa secara teknik kepala madrasah memiliki keterampilan, untuk melaksanakan kegiatan di madrasah, memanfaatkan sarana dan prasarana, menyusun laporan pertanggung jawaban keuangan, dan tata kelola ruang. Dan dalam hal hubungan manusiawi kepala madrasah terampil dalam melakukan pengaturan lingkungan kerja, memahami perilaku guru dalam proses kerjasama, disiplin kerja, komunikatif, edukatif, dan menjadi teladan oleh guru-guru. Kemudian dalam keterampilan konsep kepala madrasah terampil dalam menganalisis, bermacam-macam problem sosial dan langkah penyelesaiannya. Strategi yang dilakukan dengan mengkoordinasi staf, membuat struktur organisasi, upaya peningkatan kualitas guru, seleksi siswa melalui penerimaan siswa baru, melaksanakan ekstra kurikuler, pemenuhan sarana prasarana dan pengelolaan pendanaan madrasah, optimalisasi pemanfaatam dana BOS ( Bantuan Operasional Sekolah), membina hubungan kerjasama dengan masyarakat, yayasan, dan komite serta mengelola layanan khusus yang dilaksanakan melalui Usaha Kesehatan Sekolah, perpustakaan madrasah serta keamanan dan ketertiban madrasah, sehingga proses belajar mengajar dapat terlaksana dengan baik ABSTRACT Muhammad Akli. Managerial Skills of Madrasah School Headmaster in Sustaining the Existence of Madrasah Tsanawiyah NahdatulUlama Haruyan in Hulu Sungai Tengah Regency, under the supervisor of Prof. Dr. H. Asmaran, As, MA and Dr. Ahmad Salabi, M.Pd. A Thesis of Postgraduate Program at State Islamic Institute of Antasari Banjarmasin, 2014 Key Words: Skill, Managerial, Strategy, Existence, Madrasah Tsanawiyah Nahdatul Ulama The success Teaching and education in reaching target in madrasah require the skill of manajerial headmaster. absolute skill Manajerial owned by head of madrasah as one who hold responsible to madrasah which is in] its management Madrasah Tsanawiyah Nahdhatul of Moslem scholar Haruyan education institute being based on religious organization, Nahdhatul Moslem scholar (NU) of exist in Haruyan of Kabupaten Hulu Sungai Tengah Regency. To maintain the eksistensinya needed skill manajerial headmaster of madrasah. Eksistensi in the case of medium prasarana, sum up its student, result of its pass and also science benefit obtained a student can be felt by society so that get the attention of parent of student and society. The research in this thesis have the character of descriptive with the approach qualitative in case study device. Data collecting conducted with the technique interview the, observation, and documentation. While data analysis use the technique reduce the data, displayed a data, checking of data authenticity through triangulation and member check later;then conclusion withdrawal. The research result about skill manajerial head master madrasah found that technical headmaster madrasah own the skill, to execute activity in madrasah, exploiting medium and prasarana, compiling report of pertanggung of finance answer, and arrange the space management. And in the case of manusiawi lead the skillful madrasah in environmental arrangement work, comprehending behavior learn in course of cooperation, job discipline, communicative, edukatif, and become the byword by teachers. Later;Then in concept skill lead the skillful madrasah in analysing, all kinds of social problem and step its solution. Strategy conducted with co-ordinating staff, making organization chart, strive the make-up of teacher quality, student selection of student acceptance newly, executing extra curricular, accomplishment of medium of prasarana and management of financing madrasah of BOS (School Operational Fund) constructing cooperation with the society, institution, and committee and also manage the special service executed through Effort School Health, library madrasah and also security and orderliness madrasah, so that process to learn to teach can be executed better.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: atailah atay wahdah
Date Deposited: 03 Aug 2015 05:11
Last Modified: 03 Aug 2015 05:11
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/930

Actions (login required)

View Item View Item