EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Meningkatkan Aktivitas Belajar Pada Pembelajaran PAI Materi Syarat Dan Rukun Sholat Melalui Metode Small Group Discussion Di Kelas IV SDN III tanjung Kecamatan Tanjung

Khairi, H. Hasri (2015) Meningkatkan Aktivitas Belajar Pada Pembelajaran PAI Materi Syarat Dan Rukun Sholat Melalui Metode Small Group Discussion Di Kelas IV SDN III tanjung Kecamatan Tanjung. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview

ABSTRAK

Khairi, A.Ma, 2013, Meningkatkan Aktivitas Belajar Pada Pembelajaran PAI Materi Syarat Dan Rukun Sholat Melalui Metode Small Group Discussion Di Kelas IV SDN III tanjung Kecamatan Tanjung, Skripsi, Jurusan Kualifikasi Guru PAI, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Pembimbing: Drs. H. Burdjani AS, M.Ag Penelitian ini bertolak dari data ketuntasan belajar pada dua tahun terakhir di SDN III Tanjung kelas IV pada mata pelajaran PAI tentang syarat dan rukun shalat hasil nilai siswa yang diajarkan guru, 15% siswa tidak tuntas dalam menguasai materi. Oleh sebab diperlukan sebuah penelitian untuk memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi. Penelitian ini bertujuan agar guru dapat meningkatkan aktivitas belajar pada pembelajaran PAI materi syarat dan rukun sholat melalui metode Small Group Discussion, dan guru dapat menerapkan metode Small Group Discussion tersebut dengan mendapatkan tanggapan setuju dari siswa kelas IV SDN III tanjung Kecamatan Tanjung. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu penelitian dalam bentuk pembelajaran yang bersifat reflektif untuk memperbaiki kondisi pembelajaran dan meningkatkan kemantapan rasional dari tindakan melaksanakan tugas dengan proses pengkajian berdaur, yaitu merencanakan, melaksanakan tindakan, mengamati, dan merefleksikan. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV SDN III Tanjung Kecamatan Tanjung tahun pelajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang, terdiri dari 15 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Penelitian ini menemukan temuan-temuan sebagai berikut: (1) Keaktifan siswa Kelas IV SDN III tanjung Kecamatan Tanjung, Kabupaten Tabalong dalam mempelajari materi syarat dan rukun shalat dengan metode Small Group Discussion dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari pengamatan yang dilakukan peneliti sebagai guru bahwa keaktifan siswa pada kegiatan Small Group Discussion dari siklus I sampai II meningkat untuk semua aspek yang diamati. (2) Dengan menggunakan metode Small Group Discussion hasil belajar siswa Kelas IV SDN III Tanjung Kecamatan Tanjung, Kabupaten Tabalong dapat meningkat. Hal ini dapat dilihat dari nilai hasil tes belajar siswa yang meningkat hingga ketuntasan klasikal mencapai 24 orang untuk kelas IV.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Mur Tini
Date Deposited: 03 Aug 2015 05:11
Last Modified: 03 Aug 2015 05:11
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/929

Actions (login required)

View Item View Item