EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Materi Sumber Energi Dengan Menggunakan Media Gambar di Kelas II MI Nurul Hidayah Kecamatan Amuntai Selatan Kabupaten Hulu Sungai Utara

Ani, syamsinor (2015) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Materi Sumber Energi Dengan Menggunakan Media Gambar di Kelas II MI Nurul Hidayah Kecamatan Amuntai Selatan Kabupaten Hulu Sungai Utara. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I - SELESAI.pdf

Download (611kB) | Preview

ABSTRAK

Ani syamsinor.2014.”Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Materi Sumber Energi Dengan Menggunakan Media Gambar di Kelas II MI Nurul Hidayah Kecamatan Amuntai Selatan Kabupaten Hulu Sungai Utara. Skripsi Jurusan Ilmu Pendidikan Program S1 PGMI Dual Mode System Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Antasari Banjarmasin. Tahun Akademik 2014 Dosen Pembimbing Drs. H. Alfian Khairani, M.Pd Kata kunci : Meningkatkan Hasil Belajar, Pembelajaran Dengan Media Gambar Rendahnya aktivitas siswa kelas II MI Nurul Hidayah dalam pembelajaran IPA mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Berdasarkan permasalahan yang dialami siswa, maka rencana pemecahan yang akan dilakukan oleh guru adalah menggunakan pembelajaran dengan menggunakan Media Gambar. Tujuan pembelajaran ini adalah untuk mendapatkan informasi tentang proses dan hasil pembelajaran, sehingga mengurangi permasalahan pembelajaran IPA terutama saat membahas materi tentang Sumber Energi. Kepala sekolah dapat mengoreksi aktivitas guru, siswa dan media pembelajaran yang digunakan,sehingga dapat dimanfaatkan untuk kemajuan pendidikan sekolahnya. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Setting penelitian ini kelas II MI Nurul Hidayah Kecamatan Amuntai Selatan Kabupaten Hulu Sungai Utara tahun pelajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa 16 orang yang terdiri dari 6 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Instument yang digunakan soal tes,lembar observasi aktivitas guru dan siswa.Pengumpulan data dilakukan tes dan observasi. Penelitian ini dilakukan dua siklus masing-masing dengan dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Observasi Kegiatan Guru dalam proses pembelajaran pada siklus I pada pertemuan I adalah 64,70%, pertemuan II dengan persentase 88,23%, untuk siklus II pertemuan I naik menjadi 94% dan pertemua II 94,11% (2) Hasil observasi kegiatan siswa pada siklus I pertemuan I aktivitas dalam pembelajaran 57,1%, pertemuan II aktivitasnya naik menjadi 65,71%, sedangkan siklus II pertemuan I aktivitas siswa 71,4% dan pada pertemuan II terus bertambah menjadi 74,28% (3) Hasil belajar siklus I pada pertemuan pertama dengan nilai rata-rata 5,75, pertemuan kedua 6,81, sedangkan pada siklus II pertemuan pertama 6,94, pertemuan kedua 8,75. Sehingga sudah mencapai bahkan melebihi KKM yang ditentukan yaitu 7 atau 70. Simpulan penelitian ini bahwa melalui pembelajaran media gambar dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang materi sumber energi siswa kelas II MI Nurul Hidayah Kabupaten Hulu Sungai Utara dari hasil penelitian ini dapat disarankan agar guru-guru mengunakan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam belajar IPA.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: atailah atay wahdah
Date Deposited: 03 Aug 2015 05:09
Last Modified: 03 Aug 2015 05:09
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/918

Actions (login required)

View Item View Item