EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Melalui Strategi Card Sort Kelas IIB MIN Bangkal 2 Batumandi Kabupaten Balangan

Nursabah, Nursabah (2015) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Melalui Strategi Card Sort Kelas IIB MIN Bangkal 2 Batumandi Kabupaten Balangan. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (150kB) | Preview

ABSTRAK

Nursabah, 2014. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Melalui Strategi Card Sort Kelas IIB MIN Bangkal 2 Batumandi Kabupaten Balangan. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Antasari Banjarmasin, Pembimbing: Drs. Muhammad Yuseran, M.Pd Pelajaran IPA pada materi Sumber Energi dan Kegunaannya diajarkan kepada siswa dengan tujuan siswa dapat mengidentifikasi sumber-sumber energi panas, bunyi dan cahaya dan jenis energi yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Mengajarkan kepada siswa bagaimana cara menghemat energi agar energi yang ada tidak cepat habis dan mengembangkan potensi siswa agar menjadi manusia yang bertaqwa Kepada Allah, cerdas, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Hal yang menjadi hambatan selama ini dalam pembelajaran IPA adalah kurang dikemasnya pembelajaran IPA dengan strategi yang menarik, menantang dan menyenangkan. Startegi yang sering digunakan adalah metode ceramah, sehingga pembelajaran IPA cenderung membosankan dan kurang menarik minat para siswa dan akhirnya berpengaruh pada hasil belajarnya. Permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah aktivitas guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui Strategi Card Sort kelas IIB MIN Bangkal 2 Batumandi, bagaimanakah aktivitas siswa dalam meningkatkan hasil belajar IPA melalui Strategi Card Sort, apakah dengan menggunakan Strategi Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas IIB MIN Bangkal 2 Batumandi Kabupaten Balangan?. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Strategi yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini menggunakan Strategi Card Sort diharapkan dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas IIB MIN Bangkal 2 Batumandi Kecamatan Batumandi Kabupaten Balangan. Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus terdiri dari empat kali pertemuan dengan observer teman sejawat. Dengan berdasarkan penelitian dilakukan perlakuan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 66,92 dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 87,69. Dari hasil belajar yang diperoleh siswa tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan Strategi Card Sort dapat meningkatkan minat dan hasil belajarnya. Peningkatan hasil belajar ditupang oleh meningkatnya aktivitas kegiatan guru pada siklus I dan II dengan nilai rata-rata 84,72 pada siklus I dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 95,83 dan aktivitas belajar siswa meningkat pada siklus I diperoleh nilai 82,5 dan pada siklus II diperoleh nilai 95.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: atailah atay wahdah
Date Deposited: 03 Aug 2015 05:09
Last Modified: 03 Aug 2015 05:09
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/915

Actions (login required)

View Item View Item