EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Meningkatkan Kemampuan Menceritakan Kembali Isi Bacaan Menggunakan Pendekatan Saintifik Melalui Strategi Card Sort Pembelajaran Tematik Siswa Kelas II MIN Muara Halayung

Abd, Khair (2015) Meningkatkan Kemampuan Menceritakan Kembali Isi Bacaan Menggunakan Pendekatan Saintifik Melalui Strategi Card Sort Pembelajaran Tematik Siswa Kelas II MIN Muara Halayung. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (576kB) | Preview

ABSTRAK

Abd. Khair. 2014. Meningkatkan Kemampuan Menceritakan Kembali Isi Bacaan Menggunakan Pendekatan Saintifik Melalui Strategi Card Sort Pembelajaran Tematik Siswa Kelas II MIN Muara Halayung, Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Dr. Ahmad Salabi, S.Ag., M.Pd. Kata kunci: Pendekatan Saintifik, Strategi Card Sort, Pembelajaran Tematik Rendahnya hasil belajar materi menceritakan kembali isi bacaan pada siswa kelas II MIN Muara Halayung membuat peneliti tertarik untuk mengadakan sebuah penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa di dalam menceritakan kembali isi bacaan. Penelitian ini berlokasi di MIN Muara Halayung Kecamatan Beruntung Baru Kabupaten Banjar tahun pelajaran 2013/2014. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II yang berjumlah 8 orang terdiri dari 4 laki-laki dan 4 perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes, observasi dan diskusi dengan teman sejawat. Untuk analisa data digunakan analisis deskriptif dengan menggunakan teknik persentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran. Penerapan strategi Card Sort dengan menggunakan pendekatan Saintifik pada pembelajaran tematik dalam upaya meningkatkan kemampuan siswa di dalam menceritakan kembali isi bacaan berjalan dengan baik sesuai dengan yang direncanakan oleh guru karena setiap akhir kegiatan selalu diadakan refleksi untuk diadakan perbaikan. Hal tersebut bisa dilihat dari: (1) Hasil observasi teman sejawat terhadap aktivitas kegiatan pembelajaran yang dilakukan peneliti yaitu pada siklus I pertemuan pertama 93,33% dan pertemuan kedua 96,00% (rata-rata 94,67%). Siklus II pertemuan pertama 97,33% dan pertemuan kedua 98,00% (rata-rata 97,67%). Rata-rata keseluruhan 96,17%. (2) Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan yaitu dari 91,20% pada pertemuan pertama menjadi 91,25% pada pertemuan kedua siklus I (rata-rata 91,23%), dan pada siklus II meningkat menjadi 94,76% pada pertemuan pertama dan 94,50% pada pertemuan kedua (rata-rata 94,63%).(Rata-rata keseluruhan 92,93%). (3) Kemampuan siswa di dalam menceritakan kembali isi bacaan juga mengalami peningkatan, hal ini bisa dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa dari rata-rata 81,88 pada pertemuan pertama siklus I, menjadi 83,38 pada pertemuan kedua (rata-rata 82,63). Selanjutnya pada siklus II meningkat menjadi 85,75 pada pertemuan pertama dan 88,88 pada pertemuan kedua (rata-rata 87,32).

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: atailah atay wahdah
Date Deposited: 03 Aug 2015 05:09
Last Modified: 03 Aug 2015 05:09
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/914

Actions (login required)

View Item View Item