EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

PENERAPAN NILAI-NILAI KARAKTER PADA MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM DI SMK BINA BANUA BANJARMASIN

Rusdiansyah, Rusdiansyah (2015) PENERAPAN NILAI-NILAI KARAKTER PADA MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM DI SMK BINA BANUA BANJARMASIN. Tesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (511kB) | Preview

ABSTRAK

Pendidikan karakter merupakan sebuah keniscayaan yang diterapkan dalam di lembaga pendidikan akibat terjadinya dekandesi moral di kalangan gerasi muda. Kemorosatan akhlak yang terjadi tidak bisa dibiarkan begitu saja, tanpa harus adanya upaya dalam mengendalikannya. SMK Bina Banua Banjarmasin sebagai salah satu lembaga pendidikan menengah kejuruan yang nantinya menghasilkan out put pendidikan siap kerja juga menerapkan pendidikan karakter salah satunya melalui pendidikan Agama Islam. Nilai-nilai dalam pendidikan karakter yang diterapkan di sekolah diharapkan mampu memfilter permasalahan . Penelitian ini bertujuan menggali informasi tentang bagaimana penerapan nilai-nilai karakter yang diajarkan di SMK Bina Banua Banjarmasin dengan pengambilan data melalui siswa dan guru serta faktor-faktor yang turut mempengaruhinya. Untuk mendapatkan konsep yang utuh dan menguatkan penelitian ini menggunakan metode wawancara dengan siswa, Guru PAI, Sepala Sekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai karakter pada mata pelajaran agama Islam di SMK Bina Banua Banjarmasin berjalan dengan cukup baik. Penerapan nilai-nilai melalui tahapan: (1) Perencanaan, nilai-nilai pendidikan karakter telah tersusun dalam RPP, silabus, program tahunan dan program semester. (2) Proses pembelajaran; dalam proses pembelajaran guru menyampaikan materi yang kemudian dikaitkan dengan nilai-nilai pendidikan karakter yang dikembangkan dan berhubangan dengan materi. Keteladanan guru dalam pembelajaran menjadikan anak didik mudah menerima dan menerapkan nilai-nilai pendidikan karakter dengan baik di lingkungan sekolah. (3) Evaluasi; evaluasi tidak diterapkan dalam bentuk instrument penilaian setiap akhir semester berupa soal. Akan tetapi lebih bersifat non-tes yang dilakukan berupa pengamatan terhadap perilaku siswa dalam menerapkan nilai-nilai pendidikan karakter. Indikator dari penerapan nilai-nilai pendidikan karakter ini adalah: (1) religius, siswa menerapkan shalat berjama’ah, sebagian besar siswa melaksanakan shalat berjama’ah di lingkungan sekolah, siswa juga berdo’a ketika memulai dan mengakhiri pelajaran namun penerapannya masih belum maksimal. (2) Nilai jujur ditandai dengan sikap siswa yang mengembalikan ketika menemukan barang/uang milik orang lain dengan penuh kesadaran. (3) Nilai disiplin diketahui dengan tidak adanya siswa yang bolos sekolah pada saat jam pelajaran masuk, kemudian jarang sekali siswa yang terlambat datang sekolah. (4) cinta damai diketahui dengan tidak adanya perkelahian di antara siswa, semua siswa menanamkan sikap rukun dan damai baik di dalam kelas, maupun diluar kelas. (5) peduli lingkungan ditandai dengan sikap menjaga kelestarian lingkungan sekolah, membuang sampah pada tempatnya, dan siswa sering ikut aktif dalam kerja bakti di sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Mur Tini
Date Deposited: 30 Jun 2015 05:37
Last Modified: 30 Jun 2015 05:37
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/91

Actions (login required)

View Item View Item