EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Upaya Meningkatkan Kemampuan Praktik Shalat Melalui Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri Sungai Besar 6 Banjarbaru

Abdurrahman, H. Anjar (2015) Upaya Meningkatkan Kemampuan Praktik Shalat Melalui Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri Sungai Besar 6 Banjarbaru. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (746kB) | Preview

ABSTRAK

Abdurrahman, A.Ma, 2013. Upaya Meningkatkan Kemampuan Praktik Shalat Melalui Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri Sungai Besar 6 Banjarbaru, Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Angkatan 2011/2012. Pembimbing: Drs. H. Hilmi Mizani, M. Ag Kata Kunci : Kemampuan Praktik, Shalat Fardhu, Metode Demonstrasi Shalat Fardhu merupakan salah satu ibadah dalam Islam. Ia menempati rukun Islam kedua yang wajib dilaksanakan setiap muslim mukallaf sebanyak lima waktu dalam sehari semalam. Berdasarkan hasil pengamatan sementara pada siswa kelas III SDN Sungai Besar 6 Banjarbaru, kemampuan praktik shalat masih memerlukan peningkatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PAI, khususnya materi praktik shalat fardhu. Penelitian ini dilakukan melalui tindakan kelas (classroom action research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Sungai Besar 6 Banjarbaru tahun pelajaran 2012/2013 berjumlah 30 siswa. Sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah penerapan metode demonstrasi dalam upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam mempraktikkan shalat fardhu. Penerapan metode demonstrasi berfungsi efektif dalam meningkatkan kemampuan praktik shalat fardhu. Seluruh siswa dapat mempraktikkan 13 rukun shalat dengan tertib dan benar. Dari 30 siswa, ada 17 siswa (53,33 %) yang mencapai klasifikasi sangat mampu dan 14 siswa (46,67%) dalam klasifikasi mampu. Oleh karena itu, antara dan siswa agar bekerjasama saling mendukung dalam meningkatkan kemampuan siswa mempraktikkan shalat fardhu.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Mur Tini
Date Deposited: 03 Aug 2015 05:08
Last Modified: 03 Aug 2015 05:08
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/905

Actions (login required)

View Item View Item