EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

PENGARUH KARAKTER TERHADAP PEMBENTUKAN ETIKA PERGAULAN MAHASISWA PAI DI FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN IAIN ANTASARI BANJARMASIN

Rizani, A. Muinuddin (2015) PENGARUH KARAKTER TERHADAP PEMBENTUKAN ETIKA PERGAULAN MAHASISWA PAI DI FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN IAIN ANTASARI BANJARMASIN. Tesis, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. (Unpublished) (Unpublished) (Unpublished)

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (201kB) | Preview

ABSTRAK

Karakter adalah tabiat, watak, sifat-sifat kejiwaan, akhlak, budi pekerti yang membedakan seseorang dengan yang lain. Etika berarti adat kebiasaan atau cara hidup seseorang dengan melakukan perbuatan yang baik (kesusilaan), dan menghindari hal-hal tindakan yang buruk. Pergaulan adalah interaksi antar individu dalam mengenal lingkungan sosialnya, bisa bersifat luas yakni pergaulan dengan banyak orang atau sering bergaul dengan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh karakter terhadap pembentukan etika pergaulan serta faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi karakter terhadap pembentukan etika pergaulan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan field Research yang dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dalam bentuk statistik. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 147 mahasiswa, sampel penelitian sebanyak 50 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner sedangkan analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan program SPSS versi 13.0 for Windows yaitu model Uji F, Uji t, Identifikasi Determinan (R), serta menggambrkan secaradeskriptif sebelumnya dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari kuesioner yang pengukurannya menggunakan skala likert. Hasil penelitian secara simultan menunjukan adanya pengaruh karakter terhadap pembentukan etika pergaulan mahasiswa sebesar 83,3% sedangkan sisanya sebesar 16,7% dijelaskan oleh variabel lain di luar variabel bebas yang diteliti. Secara parsial variabel Jujur, Tanggung jawab, Visioner, Disiplin, Kerjasama, Adil, Peduli berpengaruh secara signifikan terhadap etika pergaulan mahasiswa. Kesimpulannya bahwa hipotesa (Ha) diterima dan hipotesa (Ho) ditolak, baik pada hipotesa pertama maupun yang ke dua.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mr. Moch Isra Hajiri
Date Deposited: 25 Jun 2015 02:36
Last Modified: 25 Jun 2015 02:36
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/9

Actions (login required)

View Item View Item