EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Implementasi Pembelajaran Sentra pada Kelas Rendah di SD Islam Sabilal Muhtadin Banjarmasin

Fakhriadi, Helmi (2015) Implementasi Pembelajaran Sentra pada Kelas Rendah di SD Islam Sabilal Muhtadin Banjarmasin. Skripsi, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (122kB) | Preview

ABSTRAK

Fakhriadi Helmi, 2014, Implementasi Pembelajaran Sentra pada Kelas Rendah di SD Islam Sabilal Muhtadin Banjarmasin, Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Pembimbing: Dra. Raihanatul Jannah, M.Pd. Penelitian ini membahas tentang implementasi pembelajaran sentra pada kelas rendah di SD Islam Sabilal Muhtadin Banjarmasin. Masalah yang ingin diteliti adalah bagaimana implementasi pembelajaran sentra pada kelas rendah di SD Islam Sabilal Muhtadin Banjarmasin yang meliputi proses perencanaan, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi. Adapun tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembelajaran sentra pada kelas rendah di SD Islam Sabilal Muhtadin Banjarmasin. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 orang guru sentra sains dan 2 orang guru sentra drama serta 2 orang wali kelas pada kelas I dan II di Sekolah Dasar Islam Sabilal Muhtadin Banjarmasin tahun pelajaran 2013-2014, sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah implementasi pembelajaran sentra pada kelas rendah di SD Islam Sabilal Muhtadin Banjarmasin. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumenter. Pengolahan data dilakukan dengan teknik editing, display, serta klasifikasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan metode deskriptif yang bertujuan melengkapi uraian dengan membuat deskripsi dan analisis secara kualitatif tentang implementasi pembelajaran sentra pada kelas rendah di SD Islam Sabilal Muhtadin Banjarmasin. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran sentra pada kelas rendah di SD Islam Sabilal Muhtadin Banjarmasin adalah sebagai berikut: 1) Proses perencanaan dilaksanakan dengan pengembangan program yang meliputi pembuatan program tahunan, program semester, program mingguan dan harian yang semuanya telah terlaksana dengan baik. Adapun format RPP yang dibuat dan diterapkan di SD Islam Sabilal Muhtadin dilakukan secara kolektif. 2) Langkah-langkah pembelajaran sentra yang dilaksanakan adalah diawali dengan kegiatan teligi yang berisikan tadarrus, shalat dhuha dan pembacaan ikrar. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan umum dengan menulis jurnal pagi, mencatat materi umum dan permainan bebas. Kegiatan berikutnya adalah kegiatan sentra yang dilakukan di kelas-kelas sentra dengan menggunakan metode pembelajaran klasik. Kegiatan terakhir adalah kegiatan penutup yang diisi dengan remedial, jurnal siang dan shalat zuhur berjamaah. 3) Penilaian kelas yang dilakukan adalah dengan memberikan beberapa poin soal kepada siswa yang disebut dengan istilah formatif berupa essay dan mengisi titik-titik. Sedangkan tes kemampuan yang rutin dilakukan pada pembelajaran sentra adalah pada pertengahan semester dan pada akhir semester dengan soal pilihan ganda.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mr. Azra'i Muhammad
Date Deposited: 03 Aug 2015 05:08
Last Modified: 03 Aug 2015 05:08
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/899

Actions (login required)

View Item View Item