EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Mekanisme Bagi Hasil Terhadap Pengerjaan Kebun Karet Di Desa Anjir Mambulau Tengah Kecamatan Kapuas Timur Kabupaten Kapuas

Hatimah, Husnul (2015) Mekanisme Bagi Hasil Terhadap Pengerjaan Kebun Karet Di Desa Anjir Mambulau Tengah Kecamatan Kapuas Timur Kabupaten Kapuas. Skripsi, Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab IV.pdf

Download (195kB) | Preview

ABSTRAK

Husnul Hatimah. 2015. Mekanisme Bagi Hasil Terhadap Pengerjaan Kebun Karet Di Desa Anjir Mambulau Tengah Kecamatan Kapuas Timur Kabupaten Kapuas, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam. Pembimbing: (I) Drs. Nispan Rahmi, M.Ag (II) Farihatni Mulyati, S. Ag.,M.Hi Latar belakang penelitian ini beranjak dari permasalahan bagaimana mekanisme bagi hasil terhadap pengerjaan kebun karet di Desa Anjir Mambulau Tengah Kecamatan Kapuas Timur Kabupaten Kapuas, yang menimbulkan satu pihak mengalami kerugian dalam bagi hasil kebun karet tersebut dan bagaimana tinjauan ekonomi syariah terhadap pembagian hasil kebun karet yang terjadi di Desa Mambulau Tengah Kecamatan Kapuas Timur Kabupaten Kapuas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mekanisme bagi hasil terhadap pengerjaan kebun karet di Desa Anjir Mambulau Tengah Kecamatan Kapuas Timur Kabupaten Kapuas dan bagaimana tinjauan ekonomi syariah tentang bagi hasil terhadap pengerjaan kebun karet di Desa Anjir Mambulau Tengah Kecamatan Kapuas Timur Kabupaten Kapuas. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (feild research) yang bersifat deskriptif, yang berlokasi di Desa Anjir Mambulau Tengah Kecamatan Kapuas Timur Kabupaten Kapuas. Subjek penelitian ini adalah pemilik kebun karet dan penggarap kebun karet, sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini mekanisme bagi hasil terhadap pengerjaan kebun karet di Desa Anjir Mambulau Tengah Kecamatan Kapuas Timur Kabupaten Kapuas. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan wawancara. Teknik pengolahan data secara editing dan deskriptif, data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif, dengan tahapan data yang ada dibuat kemudian dilakukan penelaahan konsep hasil penelitian dan pembahasan terhadap data yang telah diuraikan dengan berpedoman pada teori bagi hasil menurut syariah sehingga diperoleh kesimpulan. Dari hasil penelitian ini, maka memberikan penjelasan mengenai mekanisme bagi hasil terhadap pengerjaan kebun karet di Desa Anjir Mambulau Tengah Kecamatan Kapuas Timur Kabupaten Kapuas. Bagi hasil yang dijalankan di Desa Anjir Mambulau Tengah sangat merugikan satu pihak dan pembagiannya hanya dilakukan secara lisan, tidak secara tertulis. Dalam artian si pemilik kebun meminta si penggarap untuk menggarapkan kebun karetnya lalu mereka membuat kesepakatan sesuai kebiasaan yang sering dilakukan di masyarakat yaitu dengan pembagian keuntungan 70% untuk penggarap kebun karet dan 30% untuk pemilik kebun karet. Dalam tinjaun hukum ekonomi syariah seharusnya kesepakatan dilakukan secara lisan dan tertulis dan pembagian keuntungan pun seharusnya dilakukan secara adil, tidak ada yang merasa dirugikan.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Depositing User: Mr. Moch Isra Hajiri
Date Deposited: 31 Jul 2015 07:03
Last Modified: 31 Jul 2015 07:03
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/880

Actions (login required)

View Item View Item