EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Metode Pembelajaran Baca Tulis Alquran (BTA) Pada Kelas V di SDN Kelayan Selatan 9 Banjarmasin

Ahmad, Yani (2015) Metode Pembelajaran Baca Tulis Alquran (BTA) Pada Kelas V di SDN Kelayan Selatan 9 Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (273kB) | Preview

ABSTRAK

Penelitian ini bertolak dari permasalahan yang penulis temukan ketika melakukan observasi awal di SDN Kelayan Selatan 9 Banjarmasin, yang ternyata kemampuan siswa dalam membaca Alquran belum fasih dan tidak sesuai dengan kaidah ilmu tajwid yang benar, serta metode yang digunakan guru terlalu monoton dan pengetahuan guru tentang perangkat pembelajaran masih kurang karena dalam proses pembelajaran guru tidak menggunakan rpp dan silabus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk proses Pembelajaran Baca Tulis Alquran (BTA) Pada Kelas V di SDN Kelayan Selatan 9 Banjarmasin, . Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang dilakukan dengan mengambil lokasi penelitian di SDN Kelayan Selatan 9 Banjarmasin. Karenanya, untuk memperoleh data yang diperlukan, penulis melakukan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, dokumenter dan observasi. Adapun teknik pengolahan data pada penelitia ini menggunakan editing, koding, dan klasifikasi. Penelitian ini menghasilkan temuan-temuan diketahui bahwa Metode Pembelajaran Baca Tulis Alquran (BTA) Pada Kelas V di SDN Kelayan Selatan 9 Banjarmasin dikatakan baik, hal ini dilihat dari aspek proses pembelajaran dan metode pembelajaran baca tulis Alquran yang telah guru lakukan. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhinya: faktor guru yakni berdasarkan dari latar belakang pendidikan yang dimiliki oleh guru mata pelajaran Baca Tulis Alquran kelas V di SDN Kelayan Selatan 9 Banjarmasin, sangat sesuai dengan pembelajaran Baca Tulis Alquran. Namun dalam pembelajaran hendaklah guru menggunakan perangkat pembelajaran seperti rpp, silabus, dan lain-lain. Agar tujuan pembelajaran bisa tercapai dengan sempurna. faktor Siswa, yakni dalam pelaksanaan pembelajaran Baca Tulis Alquran Kelas V di SDN Kelayan Selatan 9 Banjarmasin, siswa-siswanya sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran. Faktor Sarana, yakni sarana pembelajaran Baca Tulis Alquran kelas V di SDN Kelayan Selatan 9 Banjarmasin sudah cukup memadai. Faktor waktu, yakni dalam pembelajaran Baca Tulis Alquran Kelas V di SDN Kelayan Selatan 9 Banjarmasin hendaknya waktu pelaksanaanya di tambah agar siswa bisa menguasai betul cara membaca alquran dengan baik dan benar.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Sari Noor Azijah
Date Deposited: 31 Jul 2015 23:01
Last Modified: 31 Jul 2015 23:01
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/875

Actions (login required)

View Item View Item