EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Evaluasi Pendidikan Program Khusus Ulama Pada Fakutas Ushuluddin dan Humaniora Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin

Fithriani, Fithriani (2017) Evaluasi Pendidikan Program Khusus Ulama Pada Fakutas Ushuluddin dan Humaniora Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (344kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (397kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (137kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (402kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (243kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (566kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (164kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (223kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Fithriani; Evaluasi Pendidikan Program Khusus Ulama Pada Fakutas Ushuluddin dan Humaniora Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin”. Di bawah bimbingan Dr. Hj. Nuril Huda, M. Pd dan Dr. Dzikri Nirwana, M. Ag, Tesis pada Pascasarjana UIN Antasari Banjarmasin, 2017. Kata Kunci: Evaluasi, Pendidikan, Ulama, CIPP Latar belakang penelitian ini berangkat dari sebuah pemikiran tentang pelaksanaan Program Khusus Ulama di Fakultas Ushuluddin dan Humaniora UIN Antasari Banjarmasin yang telah berlangsung selama lebih dari satu dekade. Selama ini belum dilakukan evaluasi terhadap program ini secara menyeluruh dengan menggunakan Model Evaluasi CIPP. Oleh karena itu penelitian ini diarahkan ke sana untuk melihat sejauh mana keberhasilan program Khusus Ulama tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kontek, masukan, proses, dan produk atau lulusan dari Program Khusus Ulama dengan menggunakan Model Evaluasi CIPP yang dikembangkan oleh Daniel L. Stufflebeam (1966). Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan didasarkan pada pertimbangan bahwa gejala ini merupakan proses yang dilakukan melalui kajian terhadap perilaku atau aktivitas para pelaku yang terlibat di dalam program ini. Metode penelitian ini adalah deskriptif. Ada beberapa teknik dalam mengumpulkan data di lapangan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dalam tiga tahapan yaitu Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Data Display), dan Simpulan (conclusion drawing/verification) secara kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik Triangulasi sebagai teknik pengecekan keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kontek program ini telah dilaksanakan sesuai visi misi dan tujuan yang ditetapkan. Evaluasi masukan menunjukkan bahwa input program ini dipenuhi semaksimal mungkin oleh pihak pengelola. Evaluasi proses menunjukkan proses pendidikan berlangsung secara formal dan non-formal untuk mempersiapkan calon ulama intelek. Evaluasi produk menunjukkan keberhasilan program ini dalam mencetak lulusan yang siap terjun di masyarakat. Para lulusan dari Program Khusus Ulama diketahui telah berkiprah di bidang agama sebagai ulama dan berkiprah di masyarakat, bidang pendidikan sebagai guru agama, trainer metode membaca Alquran, guru Alquran dan Tahfiz Alquran, dan bahkan di bidang politik sebagai anggota DPRD di kabupatennya. Program ini direkomendasikan dapat dilanjutkan untuk tahun-tahun berikutnya mengingat manfaatnya yang banyak dengan tetap melakukan peningkatan pada aspek pengelolaan kegiatan dan penerapan peraturan agar Program Khusus Ulama dapat lebih berkualitas di masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Asma Wardah
Date Deposited: 05 Sep 2017 05:10
Last Modified: 05 Sep 2017 05:10
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/8749

Actions (login required)

View Item View Item