EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Meningkatkan Hasil Belajar pada Pembelajaran IPS Materi Peranan Anggota Keluarga melalui Strategi Bermain Peran Siswa Kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pembantanan Kabupaten Banjar

Siti, Rohani (2015) Meningkatkan Hasil Belajar pada Pembelajaran IPS Materi Peranan Anggota Keluarga melalui Strategi Bermain Peran Siswa Kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pembantanan Kabupaten Banjar. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
bab I.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab IV.pdf

Download (775kB) | Preview

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IIC semester II pada MIN Pembantanan,, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, untuk Pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Aktif tipe Bermain Peran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Pada setiap siklus yakni siklus 1 dan siklus 2 terdiri atas dua kali pertemuan dengan alokasi waktu 2x35 menit. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IIC MIN Pembantanan, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, semester genap tahun ajaran 2013/2014, dengan jumlah siswa sebanyak 17 orang dengan 10 orang laki-laki dan 7 orang perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi dan tes tertulis, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata dan presentasi. Hasil penelitian ini diperoleh (1) Aktivitas guru dalam penerapan strategi Bermain Peran dalam pembelajaranIPS materi Peranan Anggota Keluarga pada siswa kelas IIC MIN Pembantanan, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar berjalan dengan baik dan maksimal. Kualitas pembelajaran semakin meningkat dilihat dari kegiatan guru dalam pembelajaran meningkat dengan persentase 73,91% hingga mencapai 95,65%. Secara keseluruhan rata-rata persentase proses pembelajaran guru termasuk dalam kategori baik sekali. (2) Aktivitas siswa dalam pembelajaran meningkat dari persentase 68% hingga mencapai 92%. (3) Hasil belajar siswa meningkat dengan diterapkannya strategi pembelajaran Bermain peran dalam pembelajaranIPS materi Peranan Anggota Keluarga pada siswa kelas IIC MIN Pembantanan, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar dilihat dari tes hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata nilai pada pertemuan pertama yaitu 60,31 dan pertemuan kedua 63,8, kemudian pada siklus II yakni pada pertemuan pertama 66,76 dan pada pertemuan kedua 79,11. Dengan demikian dapat dikatakan berhasil karena hasil yang dicapai sudah memenuhi ketuntasan dalam belajar yang targetnya nilai ketuntasan belajar 70

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Sari Noor Azijah
Date Deposited: 31 Jul 2015 23:00
Last Modified: 31 Jul 2015 23:00
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/874

Actions (login required)

View Item View Item