EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

PENERAPAN METODE MEMBACA AL-QURAN PADA TPA DI KECAMATAN AMUNTAI UTARA (Studi pada metode Iqra dan metode Tilawati)

Hamdani, Muhamad (2017) PENERAPAN METODE MEMBACA AL-QURAN PADA TPA DI KECAMATAN AMUNTAI UTARA (Studi pada metode Iqra dan metode Tilawati). Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (242kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (572kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (97kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (490kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (819kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (345kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (109kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (82kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (444kB)

ABSTRAK

Metode merupakan hal yang sangat penting dalam proses belajar mengajar di lembaga pendidikan. Keberhasilan suatu program, terutama pengajaran dalam proses belajar mengajar tidak lepas dari pemilihan metode dan menggunakan metode itu sendiri. Banyak sekali metode pengajaran oleh para pendidikan Islam, karna dengan adanya metode ini kemudian banyak berdirinya lembaga-lembaga pendidikan pengajaran Al-Qur'an seperti TPA, TPQ yang semuanya itu bertujuan untuk memberikan pengajaran terhadap anak-anak dalam membaca Al-Qur'an.Penelitian ini beranjak dari adanya keingintahuan peneliti mengenai penerapan metode membaca Al-Quran pada TPA dikecamatan Amuntai Utara dengan permasalahan yang akan diangkat Bagaimana Struktur pembelajaran ( Kurikulum), metode apa yang diterapkan, pendekatan yang dilakukan, langkah-langkah pembelajaran serta seperti apa karakteristik para Ustadz dan Ustdzah pengajar dan Seberapa besar efektifitas metode yang diterapkan. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan mixed Method yakni metode yang memadukan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dalam hal metodologi (seperti dalam tahap pengumpulan data), dan kajian model campuran memadukan dua pendekatan dalam semua tahapan proses penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumenter. Adapun analisis data yang digunakan adalah analisis diskriptif kualitatif untuk menjawab bagaimana penerepan metode membaca Al-Quran pada TPA di Kecamatan Amuntai Utara, sedangkan untuk mengukur Seberapa besar efektifitas metode membaca Al-Quran pada TPA di kecamatan Amuntai Utara digunakan analisis kuantitatif dengan menggunakan software SPSS untuk melihat rata-rata metode yang diterapkan pada TPA dikecamatan Amuntai Utara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan metode membaca Al-Quran pada TPA di Kecamatan Amuntai Utara berpengaruh terhadap kemampuan membaca Al-Quran santri. Hal ini dapat dilihat dari: Kurikulum yang telah diterapkan. pada masing-masing TPA telah memiliki kurikulum yang diterapkan sesuai dengan metode, akan tetapi terlihat tidak adanya hubungan antara pembina TPA dengan pelaksana TPA. Pembina TPA yakni BKPRMI belum memiliki kurikulum sementara TPA pelaksana sudah memiliki kurikulum yang dibuat sendiri (internal) dan diterapkan sendiri dan kurikulum yang diterapkan masing-masing berbeda. Pendekatan pembelajaran Al-Quran di TPA yang menerapkan metode Iqra lebih berorientasi kepada pendekatan individual. Sedangkan TPA yang menerapkan metode tilawati mengkombinasi antara keduanya pendekatan individual dan klasikal. Sedangkan dari pendekatan psikologi metode Iqra lebih pada pembelajaran induktif dan metode Tilawati berpusat pada guru dan murid ( student and teacher approaches) sehingga Pendekatan yang berpusat pada guru dan murid menurunkan strategi pembelajaran langsung (direct instruction).Langkah pembelajaran dari masing-masing metode memiliki langkah pembelajaran yang berbeda, namun secara keseluruhan langkah pembelajaran sudah berjalan dengan sangat baik, setiap metode bertujuan agar pembelajarannya menjadi lebih efektif dan efisien, Karakteristik ustazd dan ustadzahnya yang terlihat bahwa guru yang menerapkan metode Iqra meskipun lmengajar Al-Quran cukup lama, akan tetapi latar belakang pendidikan yang tidak berhbungan dengan Al-Quran, bukan seorang penghafal Al-Quran, belum pernah mengikuti standarisasi metode Iqra, sedangkan metode Tilawati guru-gurunya sudah berstandarisasi sebagai pengajar Tilawati, berlatar belakang pendidikan dibidang keilmuan Al-Quran dan sering mengikuti pelatihan-pelatihan metode membaca Al-Quran. Efektivitas metode Iqra dibanding dengan metode Tilawati berdasarkan hasil perhitungan statistiknya tidak ada perbedaan yang signifikan,karena diketahui bahwa nilai T hitung 0,656 sedangkan nilai T tabel 0,449 sehingga dapat diketahui bahwa T hitung = 0,656 > T tabel 0,449 dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Ha ditolak dan Ho diterima yaitu tidak adanya perbedaan yang signifikan antara efektifitas metode Iqra dan metode Tilawati dengan kemampuan membaca Al-Quran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: S.Pd.I Muh Haris Zubaidillah Mas'adah
Date Deposited: 04 Sep 2017 07:47
Last Modified: 04 Sep 2017 07:47
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/8725

Actions (login required)

View Item View Item