EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF MASTUHU (Telaah dalam Buku Memberdayakan Sistem Pendidikan Islam dan Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren)

Sari Datun, Rahimah (2015) PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF MASTUHU (Telaah dalam Buku Memberdayakan Sistem Pendidikan Islam dan Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren). Tesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (457kB) | Preview

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pandangan bahwa dalam dunia pendidikan Islam masih saja menghadapi permasalahan yang komplek. Ketertinggalan pendidikan Islam ini salah satunya dikarenakan oleh terjadinya penyempitan terhadap pemahaman pendidikan Islam yang hanya berkisar pada aspek kehidupan ukhrawi yang terpisah dengan kehidupan duniawi. Cara pandang yang memisahkan antara yang satu dengan yang lain ini disebut sebagai cara pandang dikotomi . Untuk itu, diperlukan suatu upaya untuk kembali mengintegrasikan ilmu pengetahuan dengan agama melalui konsep yang ditawarkan oleh Mastuhu. Sehubungan dengan hal ini, maka teori-teori yang diungkapkan oleh Mastuhu yang dinamakannya dengan konsep Pendidikan Islami sungguh masih sangat relevan dan diperlukan dalam dunia pendidikan sekarang ini. Adapun penelitian ini dapat dikategorikan sebagai penelitian kepustakaan (library research) dengan model penelitian produk studi tokoh. Dari penelitian ini maka penulis temukan bahwa pokok-pokok dalam pemikiran Pendidikan Islam Mastuhu cukup dapat menjadi acuan dasar dalam pengembangan dan pemikiran pendidikan Islam berikutnya. diantaranya ialah: a. Kedudukan Madrasah dan Sekolah Umum mulai disejajarkan b. Pendidikan Agama sebagai mata pelajaran wajib c. Terjadinya Transformasi Pondok Pesantren d. Terintegrasinya Madrasah dalam Sistem Pendidikan Nasional e. Lahirnya Sekolah - Sekolah Islam Unggulan Tanpa mengingkari kekurangan-kekurangan, saran-saran dan kritik yang ditujukan kepada pemikiran pendidikan Islam oleh Mastuhu di atas, apabila kita mencari relevansinya bagi dunia pendidikan Islam sekarang, maka teori-teori Mastuhu ini tetap memiliki relevansi dan kontribusi yang kuat.Pemikiran Mastuhu tetap menjadi ruh bagi pengembangan pendidikan Islam sekarang. Bagaimana pola dan bentuk pengembangannya, semua itu akan berpulang kepada kita semua. Pengembangan pemikiran tersebut tetap akan menjadi harapan dan sekaligus tantangan bagi para pemikir pendidikan selanjutnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Mur Tini
Date Deposited: 30 Jun 2015 05:37
Last Modified: 30 Jun 2015 05:37
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/87

Actions (login required)

View Item View Item