EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Implementasi Supervisi Pengawas Pendidikan Agama Islam Pada SMA Negeri Di Kota Banjarmasin

Asmawati, Aspihani (2017) Implementasi Supervisi Pengawas Pendidikan Agama Islam Pada SMA Negeri Di Kota Banjarmasin. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (161kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (414kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (119kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (431kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (741kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (96kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (181kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (22kB)

ABSTRAK

Asmawati, Implementasi Supervisi Pengawas Pendidikan Agama Islam Pada SMA Negeri Di Kota Banjarmasin, di bawah bimbingan (I) Prof. Dr. H. Mahyuddin Barni, M.Ag dan Pembimbing (II) Dr. Hj. Sessi Rewetty Rivilla, M.M.Pd Pada Program Pascasarjana Program Pendidikan Islam Konsentrasi Supervisi Pendidikan UIN Antasari Banjarmasin, 2017 Kata Kunci: Implementasi Supervisi, Pengawas Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh implementasi supervisi yang dilakukan oleh pengawas Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Banjarmasin pada tahap perencanaan program, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut yang belum tepat dan berkesinambungan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi supervisi akademik pada tahap perencanaan program, tahap pelaksanaan, tahap evaluasi dan tahap tindak lanjut oleh pengawas Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reseach) yang bersifat kualitatif yang berusaha mendeskripsikan data-data yang diperoleh dari lapangan maupun literatur yang berkaitan dengan pembahasan. Fokus penelitian ini terdapat pada implementasi supervisi akademik pengawas Pendidikan Agama Islam. Untuk mendapatkan data digunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, dan dokumentasi. Keseluruhan data dianalisis dengan tahapan: 1. Mereduksi data, 2. Menyajikan data, dan 3. Menyimpulkan hasil penelitian. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi, pengecekan anggota (member chek) dan diskusi teman sejawat. Hasil temuan penelitian ini tergambarkan bahwa implementasi supervisi pada tahap perencanaan program, pengawas Pendidikan Agama Islam telah menyusun program tahunan, program semester, rencana program akademik berdasarkan hasil rapat koordinasi Pokjawas Kota Banjarmasin dan pengawas Pendidikan Agama Islam membuat instrumen yang dikembangkan bersama-sama dalam rapat koordinasi tersebut. Pada tahap pelaksanaan supervisi pengawas Pendidikan Agama Islam menggunakan teknik perseorangan (individual) dan teknik kelompok, dari dua teknik ini pengawas lebih banyak menggunakan teknik individual. Pendekatan yang digunakan lebih dominan menggunakan pendekatan tidak langsung (non direktif) dibandingkan pada pendekatan langsung (direktif) dan model supervisi yang dilaksanakan banyak menggunakan model tradisional (konvensional). Pada tahap evaluasi pengawas Pendidikan Agama Islam melaksanakan penilaian dengan menganalisis instrumen administrasi perencanaan dan instrumen perencanaan pelaksanaan pembelajaran. Untuk bentuk tindak lanjut supervisi yang dilaksanakan oleh pengawas Pendidikan Agama Islam lebih banyak menggunakan pembinaan tidak langsung dengan memberikan kesempatan kepada guru Pendidikan Agama Islam untuk melaksanakan proses pembelajaran dengan memberikan dukungan (supporting) serta semangat dan dorongan (motivation) agar melaksanakan pembelajaran lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Asmawati Aspihani
Date Deposited: 29 Aug 2017 06:42
Last Modified: 29 Aug 2017 06:42
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/8683

Actions (login required)

View Item View Item