EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Meningkatkan Kemampuan Menulis Pantun Melalui Metode Karyawisata pada Siswa Kelas IV MIN Model Panyiuran Tahun Pelajaran 2013/2014

Noor, Maidah (2015) Meningkatkan Kemampuan Menulis Pantun Melalui Metode Karyawisata pada Siswa Kelas IV MIN Model Panyiuran Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (116kB) | Preview

ABSTRAK

Noor Maidah. 2014. Meningkatkan Kemampuan Menulis Pantun Melalui Metode Karyawisata pada Siswa Kelas IV MIN Model Panyiuran Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, Pembimbing: Drs. H. Alfian Khairani, M. Pd.I. Kata kunci: Kemampuan menulis, metode karyawisata. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis pantun melalui metode karyawisata pada siswa kelas IV MIN Model Panyiuran tahun pelajaran 2013/2014. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data deskriptif kualitatif dan kuantitatif penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Pada setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN Model Panyiuran pada tahun pelajaran 2013/2014 dengan dengan jumlah siswa 24 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik tes tertulis dan observasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata dan persentase. Hasil penelitian ini diperoleh (1) Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari 6,83 (37,5%) pada siklus I menjadi 7,75 (79%) pada siklus II. (2) Proses kegiatan belajar mengajar yang dilakukan guru juga mengalami peningkatan, yaitu 55% pada siklus I kemudian meningkat menjadi 80 % pada siklus II. (3) Aktivitas siswa selama pembelajaran menulis pantun pada siklus I belum memadai. Hal itu terlihat dari sebagian siswa yang kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran. Beberapa siswa juga belum mampu menjawab pertanyaan dan menyimpulkan pembelajaran. Secara keseluruhan, aktivitas siswa selama pembelajaran menulis pantun termasuk dalam kualifikasi cukup baik. Pada siklus II, semua siswa antusias dalam mengikuti pembelajaran. Keaktifan siswa dalam mengerjakan tugas juga sudah terlihat. Hal ini berarti aktivitas siswa termasuk dalam kualifikasi baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: atailah atay wahdah
Date Deposited: 31 Jul 2015 23:00
Last Modified: 31 Jul 2015 23:00
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/863

Actions (login required)

View Item View Item