EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA YANG BERLATAR BELAKANG PENDIDIKAN PESANTREN DAN MADRASAH ALIYAH DALAM PENGUASAAN MATERI FIQIH PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANGKATAN 2011

Badryantoni, Badryantoni (2015) PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA YANG BERLATAR BELAKANG PENDIDIKAN PESANTREN DAN MADRASAH ALIYAH DALAM PENGUASAAN MATERI FIQIH PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANGKATAN 2011. Tesis, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (130kB) | Preview

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar antaramahasiswa yang berlatar belakang pesantren dengan mahasiswa yang berlatar belakang madrasah aliyah di konsentrasi fiqih jurusan Pendidikan Agama Islam angkatan 2011, serta faktor apa saja yang mempengaruhi mahasiswa tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kausal komparatif dengan jenis penelitian lapangan dan pendekatan kuantitatif. Populasi (keseluruhan Subjek) dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang berada di Konsentrasi Fiqih Jurusan Pendidikan Agama Islam Angkatan 2011, berjumlah 39 orangyang dibagi menjadi dua kelompok. Yaitu mahasiswa yang berlatar belakang pesantren dan mahasiswa yang berlatar belakang madrasah aliyah. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik sampling jenuh atau sensus yaitu keseluruhan populasi dijadikan sampel. Objek dalam penelitian ini adalah prestasi belajar mahasiswa yang berlatar belakang pesantren dan mahasiswa yang berlatar belakang madrasah aliyah dalam penguasaan materi fiqih. Data penguasaan materi fiqih diambil dari nilai IPK mahasiswa pada semester VI. Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa digunakan angket. Teknik analisis yang digunakan adalah statistika analitik yang digunakan adalah uji beda yaitu uji Mann-Whitney (Uji U) karena data tidak berdistribusi normal. Berdasarkan analisis data, diperoleh harga Zhitung kurang dari Ztabel dan lebih dari –Ztabel, maka H0 diterima dan Ha ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar mahasiswa yang berlatar belakang pesantren dengan mahasiswa yang berlatar belakang madrasah aliyah.Faktor yang mempengaruhi prestasi mahasiswa tersebut adalah cara belajar mereka di perguruan tinggi termasuk dalam kualifikasi yang sangat baik. Berdasarkan hal tersebutlah maka antara pesantren dengan madrasah aliyah tidak terdapat perbedaan dikarenakan cara belajar meraka yang sangat baik dari masing-masing kelompok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Depositing User: Mr. Azra'i Muhammad
Date Deposited: 30 Jun 2015 05:37
Last Modified: 02 Jul 2015 03:06
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/86

Actions (login required)

View Item View Item