EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Meningkatkan Hasil Belajar IPS Tentang Kedudukan dan Peran Anggota Keluarga Melalui Strategi Picture And Picture Pada Siswa Kelas II Di MIN Pemurus Dalam Banjarmasin

Nurul, Hidayah (2015) Meningkatkan Hasil Belajar IPS Tentang Kedudukan dan Peran Anggota Keluarga Melalui Strategi Picture And Picture Pada Siswa Kelas II Di MIN Pemurus Dalam Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I - SELESAI.pdf

Download (458kB) | Preview

ABSTRAK

Nurul Hidayah. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar IPS Tentang Kedudukan dan Peran Anggota Keluarga Melalui Strategi Picture And Picture Pada Siswa Kelas II Di MIN Pemurus Dalam Banjarmasin. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Pembimbing : Hj. Isny Lellya, S.Ag, M.Ag. Kata Kunci : Hasil Belajar, Strategi Picture And Pictuce Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model picture and pictuce dapat meningkatkan hasil belajar tentang kedudukan dan peran anggota keluarga pada pembelajaran IPS siswa kelas II di MIN Pemurus Dalam Banjarmasin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Pada setiap siklus yakni siklus 1 dan siklus 2 terdiri atas dua kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas II MIN Pemurus Dalam Banjarmasin pada semester genap tahun ajaran 2013/2014, dengan jumlah siswa sebanyak 10 orang terdiri dari 3 orang siswa laki-laki dan 7 orang siswa perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan tes hasil belajar. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata dan persentase. Hasil penelitian ini diperoleh strategi picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar dengan nilai rata-rata pada nilai akhir siklus I adalah 70,00 menjadi 82,00 di siklus II. Dan persentase ketuntasan siklus I adalah 50 % sementara siklus II adalah 100 %. Dengan demikian kegiatan yang dilakukan mencapai keberhasilan sebagaimana indikator yang telah ditetapkan terdahulu. Dari aspek yang ditentukan aktivitas guru lakukan efektif, dapat dilihat dari lembar observasi dan pelaksanaannya pada siklus I, pada pertemuan 1 nilai yang didapat 53,33%, pada pertemuan 2 hasil yang diperoleh meningkat menjadi 66.67%. sedangkan siklus II, pada pertemuan 1 nilai yang didapat 71,67%, pada pertemuan 2 meningkat menjadi 86,67. Ditinjau dari aktivitas siswa, pembelajaran strategi picture and picture efektif dalam meningkatkan keaktifan siswa, dimana aktivitas siswa dengan kreteria aktif dan sangat aktif mengalami peningkatan pada siklus I dan II. Nilai hasil belajar siswa dapat diketahui data sebagai berikut : siklus I pertemuan 1 yaitu 60,00, pertemuan 2 yaitu meningkat menjadi 70,00. Siklus II pertemuan 1 yaitu 78,00, pertemuan 2 meningkat menjadi 82,00.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: atailah atay wahdah
Date Deposited: 31 Jul 2015 22:59
Last Modified: 31 Jul 2015 22:59
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/858

Actions (login required)

View Item View Item