EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Supervisi Akademik dan Manajerial Kepala Sekolah Terhadap Guru Pendamping Khusus (Studi Kasus di Sekolah Inklusif pada SDN Semangat Dalam 2 Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala)

Fatimah, Siti (2017) Supervisi Akademik dan Manajerial Kepala Sekolah Terhadap Guru Pendamping Khusus (Studi Kasus di Sekolah Inklusif pada SDN Semangat Dalam 2 Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala). Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (268kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (97kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (317kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (216kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (667kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (42kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (129kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (761kB)

ABSTRAK

Siti Fatimah: Supervisi Akademik dan Manajerial Kepala Sekolah Terhadap Guru Pendamping Khusus (Studi Kasus di Sekolah Inklusif pada SDN Semangat Dalam 2 Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala). Di bawah bimbingan I: Dr. H. Ridhahani, M. Pd dan II Dra.Inna Muthmainnah, MA., Ph.D, Tesis, pada Pascasarjana UIN Antasari Banjarmasin, 2017. Kata Kunci: Supervisi Akademik, Supervisi Manajerial, Kepala Sekolah, Sekolah Inklusif Peran supervisor sangat penting pada sekolah inklusif karena persoalan yang relatif lebih banyak daripada sekolah regular. Masalah yang sering muncul adalah minimnya sarana penunjang sistem pendidikan inklusif, kurangnya literatur yang membahas tentang pembelajaran untuk anak inklusif serta terbatasnya pengetahuan dan ketrampilan yang dimiliki oleh para guru sekolah inklusif. Oleh karena itu, menjadi tugas utama kepala sekolah sebagai supervisor dalam melaksanakan pembinaan dan pembimbingan akademik dan manajerial terhadap guru-guru termasuk guru pendamping khusus. Penelitian ini difokuskan pada supervisi akademik dan manajerial kepala sekolah terhadap guru pendamping khusus serta faktor-faktor yang mempengaruhinya di SDN Semangat Dalam 2, Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi, dengan menggunakan sumber data yaitu kepala sekolah dan guru pendamping khusus, serta dokumen. Selanjutnya data dianalisis dengan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data melalui teknik perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi sumber maupun metode. Supervisi akademik kepala sekolah terhadap guru pendamping khusus berfokus pada kegiatan perencanaan dan pelaksanaan supervisi akademik. Supervisi manajerial kepala sekolah terhadap guru pendamping khusus berfokus pada kegiatan pemantauan dan pembinaan kepala sekolah terhadap pengelolaan dan administrasi penyelenggaraan pendidikan inklusif yang terkait dengan guru pendamping khusus meliputi kurikulum dan pembelajaran inklusif, kesiswaan, sarana dan prasarana, ketenagaan dan keuangan/pendanaan. Penelitian ini menunjukkan bahwa kepala SDN Semangat Dalam 2 telah menyusun perencanaan program supervisi akademik pada awal tahun pembelajaran, namun penyusunan program perencanaan supervisi tersebut belum lengkap. Pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah menggunakan teknik individual dan kelompok dengan pendekatan tidak langsung. Adapun supervisi manajerial kepala sekolah berkaitan dengan kurikulum dan pembelajaran inklusif, kesiswaan, sarana dan prasarana, ketenagaan dan keuangan/pendanaan menggunakan teknik kelompok dan pendekatan tidak langsung. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi adalah faktor besar kecilnya sekolah yang menjadi tanggungjawab kepala sekolah dan faktor tidak memadainya waktu yang digunakan untuk supervisi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Siti Fatimah
Date Deposited: 21 Aug 2017 06:29
Last Modified: 21 Aug 2017 06:29
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/8574

Actions (login required)

View Item View Item