EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Deskripsi Kualitas Kelengkapan Perangkat Pembelajaran Dan Kualitas Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada SMPN di Kabupaten Hulu Sungai Selatan

Syauqi, Abrari (2017) Deskripsi Kualitas Kelengkapan Perangkat Pembelajaran Dan Kualitas Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada SMPN di Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (258kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (12kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (798kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (320kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (985kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (255kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (977kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Abrari Syauqi : Deskripsi Kualitas Kelengkapan Perangkat Pembelajaran dan Kualitas Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada SMPN di Kabupaten Hulu Sungai Selatan di bawah bimbingan I : Prof. Dr. H. Mahyuddin Barni, M. Ag dan II : Drs. Ahdi Makmur, M. Ag, Ph.D, pada Pascasarjana IAIN Antasari Banjarmasin, (Tahun 2017) Kata Kunci : Deskripsi, Kualitas Kelengkapan Perangkat Pembelajarn, Kualitas Proses Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam Dalam penyiapan perangkat pembelajaran terdapat komponen-komponen dan prinsip-prinsip penyusunan perangkat. Terkadang prinsip-prinsip tersebut tidak optimal penyampaianya kepada peserta didik. Selain itu, pengimplementasian proses pembelajaran juga diharapkan guru memiliki kemampuan-kemampuan yang optimal dalam hal teknis pengelolaan perencanaan pembelajaran. Adanya indikasi pengelolaan dan pelaksanaan proses pembelajaran yang belum optimal ini, menyebabkan peneliti merasa tertarik untuk meneliti tentang pelaksanaan pembelajaran yang lebih dahulu diawali dengan perencanaan pembelajaran yang merupakan bagian dari perangkat pembelajaran. Penelitian akan dilakukan pada Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) yang ditunjuk menjadi contoh pelaksanaan Kurikulum 2013 di Kabupaten Hulu Sungai Selatan yakni 3 (tiga) lokasi sekolah. Pertama, SMPN 1 Kandangan, kedua, SMPN 2 Angkinang, ketiga, SMPN 4 Kandangan. Tujuan penelitian adalah untuk memberikan gambaran bagaimana kualitas kelengkapan perangkat guru dan kualitas proses pembelajaran PAI SMPN di Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (field research) dan penelitian ini bersifat kualitatif. Dalam pengumpulan data digunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil temuan penelitian kualitas kelengkapan perangkat pembelajaran guru PAI SMPN 1 Kandangan, SMPN 4 Kandangan dan 2 Ankinang dengan skor 91,07 adalah sangat baik. Kualitas proses pembelajaran guru PAI pada sekolah yang diteliti dengan skor 92,39 yakni amat baik atau sangat berkualitas. Faktor yang mempengaruhi kualitas perangkat pembelajaran adalah kemampuan penguasaan guru PAI dalam kompetensi paedagogik dan kompetensi profesional. Faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran yakni penguasaan guru PAI terhadap rencana pelaksanaan pembelajaran, suasana belajar, fasilitas belajar dan sumber belajar yang tersedia.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Depositing User: S.Pd.I Abrari Syauqi Abrari
Date Deposited: 15 Aug 2017 04:21
Last Modified: 15 Aug 2017 05:10
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/8411

Actions (login required)

View Item View Item