EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Hubungan Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah, Motivasi Kerja Guru Dan Iklim Organisasi Dengan Prestasi Sekolah SMA Negeri Di Kabupaten Hulu Sungai Selatan

Nurjani, Nurjani (2015) Hubungan Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah, Motivasi Kerja Guru Dan Iklim Organisasi Dengan Prestasi Sekolah SMA Negeri Di Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Tesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (327kB) | Preview

ABSTRAK

Hj. Nurjani, 2014. Hubungan Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah, Motivasi Kerja Guru Dan Iklim Organisasi Dengan Prestasi Sekolah SMA Negeri Di Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Tesis Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Antasari Banjarmasin. Pembimbing I: Dr. Ahmad Salabi, M.Pd, Pembimbing II: Dr. Dina Hermina, M.Pd. Kata Kunci: Keterampilam Manajerial, Motivasi Kerja, Iklim Organisasi, Prestasi Sekolah. Prestasi sekolah merupakan hasil yang diraih sekolah dalam proses kegiatan akademik dan non akademik yang menunjukkan tingkat keberhasilan sekolah. Prestasi sekolah dapat memberikan kebanggaan pada semua komponen yang ada di sekolah sebagai wujud keberhasilan dalam melakukan proses administrasi, pembelajaran, pembinaan dan layanan kepada peserta didik. Kepala sekolah sebagai pimpinan di sekolah merupakan motor penggerak dari keberhasilan yang akan diraih sekolah, sedangkan guru merupakan faktor sentral dalam pelaksanaan proses kegiatan dan pemberian layanan kepada peserta didik agar tujuan yang akan diraih sekolah dapat terwujud sesuai harapan. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah ada hubungan keterampilan manajerial kepala sekolah dengan prestasi sekolah SMA Negeri di Kabupaten Hulu Sungai Selatan?, (2) Apakah ada hubungan motivasi kerja guru dengan prestasi sekolah SMA Negeri di Kabupaten Hulu Sungai Selatan?, (3) Apakah ada hubungan iklim organisasi dengan prestasi sekolah SMA Negeri di Kabupaten Hulu Sungai Selatan? Serta (4) Apakah ada hubungan keterampilan manajerial kepala sekolah, motivasi kerja guru dan iklim organisasi secara bersama dengan prestasi sekolah SMA Negeri di Kabupaten Hulu Sungai Selatan? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMA Negeri di Kabupaten Hulu Sungai Selatan sebanyak 221 orang guru. Penarikan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik simple random sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 140 orang guru. Untuk mengumpulkan data penelitian digunakan angket sebagai satu-satunya alat pengumpul data. Sebelum dilakukan analisis korelasi terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis yang bertujuan untuk menguji apakah data berdistribusi normal serta memiliki hubungan linier.Analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan korelasi pearson product moment dan korelasi ganda. Hasil penelitian ini adalah: (1) Ada hubungan keterampilan manajerial kepala sekolah dengan prestasi sekolah SMA Negeri di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, (2) Ada hubungan motivasi kerja guru dengan prestasi sekolah SMA Negeri di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, (3) Ada hubungan iklim organisasi dengan prestasi sekolah SMA Negeri di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, serta (4) Ada hubungan keterampilan manajerial kepala sekolah, motivasi kerja guru dan iklim organisasi secara bersama dengan prestasi sekolah SMA Negeri di Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada semua guru agar memiliki kesadaran yang tinggi bahwa prestasi yang diraih sekolah merupakan tanggung jawab yang harus diembannya, guru harus lebih menekuni pekerjaan sebagai guru dan profesi guru bukanlah hanya sekedar sebuah rutinitas akan tetapi lebih sebagai panggilan jiwa untuk lebih mengembangkan semua potensi yang dimiliki siswa agar siswa memiliki kompetensi, bakat, minat dan moral yang baik untuk terjun ke masyarakat. Hj. Nurjani, 2014. Relationships Managerial Leadership Skills, Work Motivation And Organizational Climate With School Achievement Of Senior High School In Hulu Sungai Selatan District. Thesis, Study Program Of Education Management Postgraduate Program, Banjarmasin Antasari Islamic Institute. First Advisor: Dr. Ahmad Salabi, M.Pd, Second Advisor: Dr. Dina Hermina, M.Pd. Keyword: Managerial Leadership Skills, Work Motivation, Organizational Climate, School Achievement. School achievement is the result achieved by the school in the academic and non-academic activities as evidence of the success of the school. School achievement will give pride to all components in the school as a form of success in the process of administration, teaching, and coaching services to students. School principals as leaders in the school are the promoters of the school's success to be achieved, while the teacher is a central factor in the implementation of process activities and the provision of services to the learners so that the objectives to be achieved by the school can be realized as expected. The problems discussed in this research are: (1) Are there relationships managerial leadership skills with school achievement of Senior High School in Hulu Sungai Selatan District?, (2) Are there relationships work motivation with school achievement of Senior High School in Hulu Sungai Selatan District?, (3) Are there relationships organizational climate with school achievement of Senior High School in Hulu Sungai Selatan District? (4) Are there relationships managerial leadership skills, work motivation and organizational climate with school achievement of Senior High School In Hulu Sungai Selatan District? The method used in this research are a quantitative method with correlational research design. The population in this research were all teachers Of Senior High School In Hulu Sungai Selatan District for 221 teachers. Sample is taken uses simple random sampling so that the the numbers of sample are 140 teachers The Collecting data in this research using a questionnaire. The data were tested for normality and linearity before testing hypotheses. The test results establish that the data meets the requirements analysis. Analysis of data to test the research hypotheses using Pearson product moment correlation and multiple correlation. The result of the research are: (1) There are relationships managerial leadership skills with school achievement of Senior High School in Hulu Sungai Selatan District, (2) There are relationships work motivation with school achievement of Senior High School in Hulu Sungai Selatan District, (3) There are relationships organizational climate with school achievement of Senior High School in Hulu Sungai Selatan District, (4) There are relationships managerial leadership skills, work motivation and organizational climate with school achievement of Senior High School In Hulu Sungai Selatan District. Based on these results it is suggested to all teachers to have a high awareness of the achievements that the school is a responsibility that should be entrusted, teachers should focus on her work as a teacher and worked as a teacher becomes not just a routine but rather as a call to further develop the soul all the potential of students so that students have the competence, talent, enthusiasm and good morals to go into the community.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: atailah atay wahdah
Date Deposited: 30 Jul 2015 04:07
Last Modified: 30 Jul 2015 04:07
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/824

Actions (login required)

View Item View Item