EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

“Meningkatkan Konsentrasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui penggunaan Media Gambar Siswa Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Sungai Baru Banjarmasin”

Zukifli, Zukifli (2015) “Meningkatkan Konsentrasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui penggunaan Media Gambar Siswa Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Sungai Baru Banjarmasin”. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I - SELESAI.pdf

Download (2MB) | Preview

ABSTRAK

Zukifli. 2013. “Meningkatkan Konsentrasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui penggunaan Media Gambar Siswa Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Sungai Baru Banjarmasin”.PTK Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah. Pembimbing, Dra.Hj.Masyithah.M.Pd.I. Penelitian ini berjudul “meningkatkan Konsentrasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui penggunaan Media Gambar Siswa Kelas II madrasah Ibtidaiyah Sungai Baru Banjarmasin”, Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya konsentrasi siswa dalam mengiluti pelajaran. Saat pembelajaran masih ada terihat siswa yang bicara sendiri, bercanda, bermain, dan keluar masuk kelas. Keadaan sangat mengganggu aktivitas belajar dan berpotensi menghambat tercapainya tujuan pembelajaran. Oleh karena itu diperlukan suatu cara agar anak dapat meningkatkan konsentrasi dan pembelajaran berjalan dengan lancar. Berdasarkan uraian permasalahan tersebut maka melalui penelitian ini diharapkan guru mampu mengatasi permasalahan dengan memperbaharui cara mengajarnya sehinga menarik perhatian siswa dan siswa yang menyimpang dalam pembelajaran dapat mengikuti pembelajaran dengan baik dan berkonsentrasi penuh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan data dan analisinya melalui kajian-kajian reflektif, partisipatif, dan kolaboratif. Pengembangan didasarkan pada data-data dan informasi dari siswa, guru dan setting sosial secara alamiah melalui tiga tahapan siklus penelitian tindakan kelas. Untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Dilakukan PTK dengan penggunaan media gambar dan metode yang relevan dengan materi pelajaran. Penelitian ini di lakukan di MI Sungai Baru Banjarmasin dengan tiga siklus. Pada siklus pertama terlihat siswa mulai berkonsentrasi dalam mengikuti pelajaran. Namun masih belum maksimal, hal ini terlihat dari persentasi aktivitas siswa yang hanya mencapai 62,5%. Begitu juga hasil tes formatif rata-rata 67,3. Dilain sisi guru juga belum maksimal dalam pembelajaran dengan menggunakan media gambar. Pada suklus kedua dan ketiga siswa lebih berkonsentrasi dalam pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi terhadap aktivitas siswa yang meningkat dari 62,5% pada siklus pertama menjadi 77,5% pada siklus kedua dan 92,5% pada siklus ketiga. Aktivitas guru juga meningkat pada siklus satu mencapai 80,77% menjadi 92,31% pada siklus kedua dan pada siklus ketiga guru mencapai hasil yang maksimal yaitu 100%. Meningkatnya konsentrasi siswa berdampak pada meningkatnya hasil tes formatif. Semula pada siklus 1 menunjukkan rata-rata 67,7 menjadi 74,7 pada siklus 2 dan meningkat lagi menjadi 87,3 pada siklus 3. Dari hasil Penelitian Tindakan Kelas Pada siklus 1 sampai siklus 3 maka dapat meningkatkan konsentrasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas II MI Sungai Baru.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: atailah atay wahdah
Date Deposited: 30 Jul 2015 04:07
Last Modified: 30 Jul 2015 04:07
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/823

Actions (login required)

View Item View Item