EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

APLIKASI EVALUASI RANAH AFEKTIF PADA MATA PELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI MADRASAH TSANAWIYAH RAUDATUSYSYUBBAN SUNGAI LULUT KABUPATEN BANJAR

Hairi, Hairi (2015) APLIKASI EVALUASI RANAH AFEKTIF PADA MATA PELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI MADRASAH TSANAWIYAH RAUDATUSYSYUBBAN SUNGAI LULUT KABUPATEN BANJAR. Tesis, Tarbiyah Dan Keguruan. (Unpublished) (Unpublished) (Unpublished)

[img]
Preview
Text
ISI SKRIPSI.pdf

Download (289kB) | Preview

ABSTRAK

Penelitian ini membahas tentang Aplikasi evaluasi ranah afektif pada mata pelajaran baca tulis Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Raudatusysyubban Sungai Lulut Kabupaten Banjar. Masalah yang ingin diteliti adalah bagaimana aplikasi evaluasi ranah afektif pada mata pelajaran baca tulis Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Raudatusysyubban Sungai Lulut Kabupaten Banjar. Adapun tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Aplikasi evaluasi ranah afektif pada mata pelajaran baca tulis Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Raudatusysyubban Sungai Lulut Kabupaten Banjar. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru mata pelajaran baca tulis Al-Qur’an dan seluruh siswa Madrasah Tsanawiyah Raudatusysyubban Sungai Lulut Kabupaten Banjar tahun pelajaran 2013-2014, sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah aplikasi evaluasi ranah afektif pada mata pelajaran baca tulis Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Raudatusysyubban Sungai Lulut Kabupaten Banjar. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumenter. Pengolahan data dilakukan dengan teknik editing, koding dan interpretasi data, sedangkan teknik analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bertujuan melengkapi uraian dengan membuat deskripsi dan analisis secara kualitatif tentang aplikasi evaluasi ranah afektif pada mata pelajaran baca tulis Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Raudatusysyubban Sungai Lulut Kabupaten Banjar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Penentuan aspek-aspek evaluasi ranah afektif mengacu pada Kompetensi Inti 1 dan 2. Kompetensi Inti (KI) 1 adalah terkait dengan sikap spiritual berupa berdoa sebelum dan sesudah membaca Al-Quran, mengucap ta’awudz dan basmalah sebelum membaca ayat dan mengucap shadaqallah sesudah membaca Al-Qur’an, memakai Pakaian yang bersih dan islami ketika membaca Al-Qur’an, membawa dan meletakkan Al-Qur’an dengan sopan, khusu’ dan khidmat dalam membaca Al-Qur’an. Kompetensi Inti 2 terkait dengan sikap sosial siswa berupa sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, toleransi, gotong royong, santun dan percaya diri. Penilaian ini terkait dengan dunia nyata siswa yang menuntut siswa mampu bersikap sesuai dengan indikator-indikator yang telah dirumuskan. 2) Prosedur evaluasi ranah afektif yang digunakan adalah dengan teknik observasi dengan menggunakan lembar observasi untuk guru, lembar pengamatan diri sendiri dan lembar pengamatan temat sejawat untuk siswa. 3) Pengembangan instrumen evaluasi ranah afektif sudah dikembangkan secara variatif. 4) Aplikasi evaluasi ranah afektif sudah terlaksana dengan baik, hanya ada satu jenis evaluasi ranah afektif yang sudah direncanakan tapi belum terlaksana yakni evaluasi ranah afektif berupa jurnal siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Depositing User: Mr. Azra'i Muhammad
Date Deposited: 30 Jun 2015 02:57
Last Modified: 30 Jun 2015 02:57
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/82

Actions (login required)

View Item View Item