EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Pengaruh Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah Dan Supervisi Pembelajaran Terhadap Kinerja Guru Pai Sdn Di Kecamatan Kahayan Kuala Kabupaten Pulang Pisau

Rafiqah, Jauhar (2017) Pengaruh Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah Dan Supervisi Pembelajaran Terhadap Kinerja Guru Pai Sdn Di Kecamatan Kahayan Kuala Kabupaten Pulang Pisau. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
Pernyataan.pdf

Download (358kB)
[img] Text
Awal.pdf

Download (617kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (785kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (465kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (500kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (469kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (639kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (502kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (134kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (119kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Jauhar Rafiqah: Pengaruh Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah dan Supervisi Pembelajaran Terhadap Kinerja Guru PAI SDN di Kecamatan Kahayan Kuala Kabupaten Pulang Pisau, di bawah bimbingan I: Prof. Dr. H. Kamrani Buseri, M.A dan II: Dr. Ahmad Salabi, M.Pd, Tesis pada Pascasarjana UIN Antasari Banjarmasin, 2017. Kata Kunci: Kemampuan Manajerial, Supervisi Pembelajaran, Kinerja Guru. Mutu pendidikan akan dapat meningkat kalau guru mempunyai kompetensi bagus. Kinerja maupun kompetensi guru dapat meningkat apabila ada interaksi yang baik antara kepala sekolah dengan guru. Oleh karena itu ada terdapat korelasi langsung antara kepala sekolah dengan kinerja guru. Dengan demikian kemampuan kepala sekolah sebagai manajerial dan sekaligus sebagai supervisor pembelajaran sangat berpengaruh terhadap kinerja guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran di sekolah dan kemampuan manajerial dan supervisi pembelajaran kepala sekolah perlu mendapat perhatian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain rencana dan struktur penyelidikan yang disusun sedemikian rupa sehingga peneliti akan memperoleh jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan penelitiannya. Populasi dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan Guru PAI SDN di Kecamatan Kahayan Kuala Kabupaten Pulang Pisau dan dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik sampel dengan menggunakan total sampling yaitu pengambilan sampel yang sama dengan jumlah populasi yang ada, yakni ditentukan kepala sekolah sebanyak 18 orang dan guru PAI sebanyak 28 orang. Jadi untuk jumlah sampel pada penelitian ini ada 46 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik angket/koesioner sebagai teknik pokok Selanjutnya berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru PAI Berdasarkan hasil pengujian korelasi mengenai hubungan antara variabel X1 dengan Y yaitu menunjukkan nilai korelasi (r) sebesar = 0,220 signifikansi dan linearitas regresi = 0,412, disimpulkan bahwa persamaan regresi Y = 121,833 + 0,220X1 adalah tidak signifikan dan tidak linier. Supervisi pembelajaran juga disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru PAI. Berdasarkan hasil pengujian korelasi mengenai hubungan antara variabel X2 dengan Y yaitu menunjukkan nilai korelasi (r) sebesar = -0,126 signifikansi dan linearitas regresi = 0,391, disimpulkan bahwa persamaan regresi Y = 147,766 +- 0,126X2 adalah tidak signifikan dan tidak linier. Namun secara simultan kemampuan manajerial kepala sekolah dan supervisi pembelajaran ada pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru PAI. Berdasarkan hasil pengujian korelasi mengenai hubungan antara variabel X1, X2 dengan Y yaitu menunjukkan nilai korelasi (r) sebesar = 3,738 signifikansi dan linearitas regresi = 0,032, disimpulkan bahwa persamaan regresi Y = 139,353+ 1,033X1 + -0,568X2 adalah signifikan dan linier.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Jauhar Rafiqah Era
Date Deposited: 08 Aug 2017 03:10
Last Modified: 08 Aug 2017 03:10
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/8189

Actions (login required)

View Item View Item