EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Pokok Bahasan Bilangan Bulat Dengan Pendekatan CTL Siswa Kelas IV MIN Rangas Dalam Kabupaten Hulu Sungai tengah.

Abdurrahman, Abdurrahman (2015) Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Pokok Bahasan Bilangan Bulat Dengan Pendekatan CTL Siswa Kelas IV MIN Rangas Dalam Kabupaten Hulu Sungai tengah. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (592kB) | Preview

ABSTRAK

Abdurrahman. 2014. Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Pokok Bahasan Bilangan Bulat Dengan Pendekatan CTL Siswa Kelas IV MIN Rangas Dalam Kabupaten Hulu Sungai tengah. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Pembimbing: Drs. Murdan, M.Ag. Kata kunci: Kemampuan siswa, menyelesaikan soal cerita, pendekatan CTL. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menggunakan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita di kelas IV MIN Rangas Dalam dan mengetahui aktivitas guru serta siswa kelas IV di MIN Rangas Dalam dalam meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika melalui pendekatan CTL. Pelaksanaan Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, dengan cara mengikuti skenario tindakan. Siklus pertama dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan dan siklus kedua dilaksanakan pula sebanyak dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan 18 orang siswa kelas IV MIN Rangas Dalam yang terdiri dari 11 orang laki – laki dan 7 orang perempuan dan objek penelitian ini adalah peningkatan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada pokok bahasan bilangan bulat. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik tes, observasi, wawancara dan diskusi antara guru dengan teman sejawat sedangkan alat pengumpulan data yakni tes, observasi, wawancara, dan diskusi. Adapun upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada pokok bahasan bilangan bulat dengan pendekatan CTL siswa kelas IV MIN Rangas Dalam pada hasil evaluasi siklus I pertemuan pertama nilai rata-rata 62,78 yang tuntas dengan persentasi 39 % atau sebanyak 7 anak, sedangkan yang tidak tuntas dengan persentasi 61% atau sebanyak 11 anak, pertemuan ke 2 nilai rata-rata 68 yang tuntas dengan persentasi 50 % atau sebanyak 9 anak, sedangkan yang tidak tuntas dengan persentasi 50% atau sebanyak 9 anak, sedangkan Siklus II pada pertemuan ke 1 nilai rata-rata 72,89 yang tuntas dengan persentasi 67 % atau sebanyak 12 anak, sedangkan yang tidak tuntas dengan persentasi 33% atau sebanyak 6 anak dan pertemuan ke 2 nilai rata-rata 79 yang tuntas dengan persentasi 89 % atau sebanyak 15 anak, sedangkan tidak tuntas sebanyak 11% atau sebanyak 3 anak. . Pada siklus II ini mengalami peningkatan keberhasilan dari target indikator keberhasilan. Peningkatan ini terlihat pada perubahan sikap siswa dalam pembelajaran antara lain: kreatifitas, kritis, keaktifan, dan kerja sama semakin meningkat. Peningkatan ini pula tidak lepas dari adanya penggunaan media/alat peraga yang membantu mengaktifkan siswa. Hasil obsevasi aktivitas guru selama pembelajaran matematika dalam menyelesaikan soal cerita pada pokok bahasan bilangan bulat juga persentasinya meningkat, hal ini dapat dilihat pada siklus I pertemuan ke 1 memperoleh nilai 27 dengan persentasi 61% kualifikasi baik dan peremuan ke 2 memperoleh nilai 30 dengan persentasi 68% kualifikasi baik, pada siklus II pertemuan ke 1 memperoleh nilai 33 dengan persentasi 75% kualifikasi baik dan pertemuan ke 2 memperoleh nilai 38 dengan persentasi 86% sangat baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: atailah atay wahdah
Date Deposited: 30 Jul 2015 02:42
Last Modified: 30 Jul 2015 02:42
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/811

Actions (login required)

View Item View Item