EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Peningkatan Kemampuan Menulis Dengan Menggunakan Metode Imla Manzhur Pada Siswa Kelas VIII Madarasah Tsanawiyah Miftahul Aula Bangkal Banjarbaru

Noor, Hadiah (2015) Peningkatan Kemampuan Menulis Dengan Menggunakan Metode Imla Manzhur Pada Siswa Kelas VIII Madarasah Tsanawiyah Miftahul Aula Bangkal Banjarbaru. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (574kB) | Preview

ABSTRAK

Noor Hadiah. 2015. Peningkatan Kemampuan Menulis Dengan Menggunakan Metode Imla Manzhur Pada Siswa Kelas VIII Madarasah Tsanawiyah Miftahul Aula Bangkal Banjarbaru. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing H.M. Syamsudin Noor, MA. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keberadaan mata pelajaran bahasa Arab, dimana kondisi disekolah keadaan siswanya yang kurang berminat dalam mengikuti pembelajaran bahasa Arab, siswa kesulitan dalam menulis lapal yang ada serta memiliki kemampuan yang terbatas. Penilitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis (ketempilan menulis ) pada mata pelajaran bahasa Arab dengan metode Imla Manzhurpada siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Miftahul Aula Bangkal Banjarbaru yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII dengan jumlah siswa 20 orang. Tindakan kelas yang dilaksanakan dalam menerapkan pembelajaran melalui metode Imla Manzhur pada pembelajaran bahasa Arab di kelas VIII dilakukan dengan cara observasi dan tes tertulis serta pengamatan langsung yang dilakukan peneliti terhadap kegiatan pembelajaran melalui metode Imla Manzhur.Pengamatan partisipasi yang dilakukan oleh guru sejawat untuk mengamati kegiatan pembelajaran 3x40 menit selama 2 siklus sesuai dengan tahapan-tahapan proses belajar mengajar dikelas. Hasil penelitian menunjukkan data dari test belajar siswa selama proses pembelajaran melalui Imla Manzhurdapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran bahasa Arab. Gambaran hasil tes yang dilakukan pada siklus I, yaitu dengan rata-rata siswa 61.50 kemudian meningkat pada siklus II yaitu dengan rata-rata 72.50. Skor pada siklus II ini sudah berada diatas indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan sekolah Madrasah Tsanawiyah Miftahul Aula yaitu dengan nilai ketuntasan 70.00. Pembelajaran melalui Imla Manzhur dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar bahasa Arab. Hal ini dapat dilihat pada hasil observasi aktivitas siswa dalam kegiatan belajar mengajar seperti aktivitas siswa yang begitu bersemangat dan aktif dalam mengikuti pembelajaran yaitu pada siklus I adalah 85.00%, dan siklus II adalah 90.00% rata-rata keseluruhannya 87.5%. Sikap siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran melalui metode Imla Manzhur yang setuju sebanyak 100% dilihat dari hasil data kuesioner siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Mur Tini
Date Deposited: 30 Jul 2015 02:41
Last Modified: 30 Jul 2015 02:41
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/809

Actions (login required)

View Item View Item