EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Meningkatkan Hasil Belajar IPS tentang Jual Beli Melalui Pembelajaran dengan Media Grafis pada Siswa Kelas III MIN Pemurus Dalam Banjarmasin.

Norsyamsiah, Norsyamsiah (2015) Meningkatkan Hasil Belajar IPS tentang Jual Beli Melalui Pembelajaran dengan Media Grafis pada Siswa Kelas III MIN Pemurus Dalam Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (313kB) | Preview

ABSTRAK

Norsyamsiah. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar IPS tentang Jual Beli Melalui Pembelajaran dengan Media Grafis pada Siswa Kelas III MIN Pemurus Dalam Banjarmasin. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Hj. Isny Leillya, S.Ag, M.Ag. Kata Kunci: Hasil Belajar, Jual Beli, Media Grafis Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS tentang jual beli setelah diterapkan pembelajaran melalui media grafis kelas III MIN Pemurus Dalam Banjarmasin dan bagaimana aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yaitu bentuk pembelajaran yang bersifat reflektif untuk memperbaiki kondisi pembelajaran dan meningkatkan kemantapan rasional dari tindakan melaksanakan tugas dengan proses pengkajian berdaur, yaitu merencanakan, melaksanakan tindakan, mengamati, dan merefleksi tentang permasalahan rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran IPS tentang jual beli siswa kelas III MIN Pemurus Dalam Banjarmasin. Untuk itu direncanakan tindakan kelas selama dua siklus. Pada setiap siklus yakni siklus 1 dan siklus 2 terdiri atas dua kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III MIN Pemurus Dalam Banjarmasin yang berjumlah 35 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi dan tes tertulis, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata dan persentasi. Hasil penelitian ini diperoleh (1) Kegiatan guru meningkatkan hasil belajar IPS tentang jual beli melalui pembelajaran dengan media grafis pada siswa kelas III MIN Pemurus Dalam Banjarmasin sebagaiamana direncanakan guru sebelumnya berlangsung dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya aktivitas guru setiap pertemuan hingga mencapai katagori baik/86,36%. (2) Aktivitas siswa dalam peningkatan hasil belajar IPS tentang jual beli melalui pembelajaran dengan media grafis kelas III MIN Pemurus Dalam Banjarmasin cukup mendukung dan aktif, hal ini dapat dilihat pada observasi aktivitas siswa hingga mencapai katagori aktif/88,57%. (3) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS tentang jual beli setelah diterapkan pembelajaran melalui media grafis kelas III MIN Pemurus Dalam Banjarmasin menunjukkan nilai yang meningkat setiap siklusnya. Pada siklus I pertemuan 1 siswa memperoleh nilai rata-rata 58,78 di bawah indikator ketuntasan belajar, meningkat pada siklus I pertemuan 2 menjadi 61,5 masih di bawah indikator ketuntasan belajar. Siklus II pertemuan 1 memperoleh nilai rata-rata 64,14 masih dibawah indikator ketuntasan belajar meningkat pada siklus II pertemuan 2 menjadi 67,21 sudah mencapai di atas indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan sebelumnya (65,00)

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: atailah atay wahdah
Date Deposited: 30 Jul 2015 02:41
Last Modified: 30 Jul 2015 02:41
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/808

Actions (login required)

View Item View Item