EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Melalui Gambar Berseri Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV MIN Manarap Baru Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar

Sugiannoor, Sugiannoor (2015) Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Melalui Gambar Berseri Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV MIN Manarap Baru Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (483kB) | Preview

ABSTRAK

Permasalahan yang terjadi di kelas adalah kurangnya kemampuan siswa dalam menulis karangan bahasa Indonesia dengan baik dan benar serta tidak sesuai dengan situasi dan konteks, sehingga perlu adanya inovasi dalam pembelajaran yang bertujuan untuk mencapai tujuan pembelajaran, yaitu Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Melalui Gambar Berseri Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV MIN Manarap Baru Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar. Media yang digunakan dalam penelitian ini adalah media gambar berseri. Rancangan penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) melalui tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 24 siswa dikelas IV MIN Manarap Baru Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, observasi, dan wawancara selama proses pembelajaran. Dalam penelitian ini, media gambar berseri diterapkan dalam mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV di MIN Manarap Baru Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: Aktivitas Pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru pada siklus I pertemuan pertama sebesar 61,48% meningkat pada siklus II pertemuan kedua menjadi 98,51%, demikian juga dengan aktivitas siswa pada siklus I pertemuan pertama 50% meningkat menjadi 98% hasil belajar siswa berupa kemampuan menulis karangan narasi melalui media gambar berseri secara klasikal mengalami peningkatan, yaitu dari 61,04 pada siklus I pertemuan pertama, dan 70,54 pada siklus II pertemuan kedua.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Sari Noor Azijah
Date Deposited: 30 Jul 2015 02:40
Last Modified: 30 Jul 2015 02:40
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/802

Actions (login required)

View Item View Item