EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Norjannah, 2014. Meningkatkan Kemampuan Menghitung Perkalian Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas II MIN Model Panyiuran Kecamatan Amuntai Selatan Kabupaten Hulu Sungai Utara Tahun Pelajaran 2013/2014

Nor, Jannah (2015) Norjannah, 2014. Meningkatkan Kemampuan Menghitung Perkalian Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas II MIN Model Panyiuran Kecamatan Amuntai Selatan Kabupaten Hulu Sungai Utara Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (274kB) | Preview

ABSTRAK

Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian tindakan kelas, yaitu bentuk pembelajaran yang bersifat deskriptif untuk memperbaiki kondisi pembelajaran dan meningkatkan kemantapan rasional dari tindakan melaksanakan tugas dengan proses pengkajian berbaur, yaitu merencanakan, melaksakan tindakan, mengamati, dan merefleksi tentang permasalahan kurangnya kemampuan siswa kelas II dalam menghitung perkalian. Untuk itu direncanakan tindakan kelas dalam upaya meningkatkan kemampuan siswa menghitung perkalian melalui pendekatan kontekstual atau Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pada setiap siklus yakni siklus I dan siklus II terdiri atas satu kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas II MIN Model Panyiuran Tahun Pelajaran 2013/2014, dengan jumlah siswa 24 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi dan tes tertulis, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata dan persentase. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa: (1) Kemampuan menghitung perkalian mengalami peningkatan yang dibuktikan dengan peningkatan hasil ketuntasan belajar dari 6,42 % pada siklus I menjadi 7,75 % pada siklus II ; (2) Aktivitas siswa selama pembelajaran juga mengalami peningkatan dari 62,22 % pada akhir siklus I menjadi 77,50 % pada akhir siklus II. Jika pada siklus I aktivitas memperhatikan penjelasan guru, bekerjasama dalam kelompok, menuliskan hasil diskusi, serta bertanya dan berpendapat masih rendah, maka pada siklus II seluruh aktivitas tersebut mengalami peningkatan secara signifikan. Dari beberapa temuan tersebut, maka pendekatan Kontekstual atau Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan siswa menghitung perkalian sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Sari Noor Azijah
Date Deposited: 30 Jul 2015 02:39
Last Modified: 30 Jul 2015 02:39
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/798

Actions (login required)

View Item View Item