EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Aspek-Aspek Pendidikan Dalam Kepemimpinan KH Hasan Basuni Pada Pondok Pesantren Darul Istiqamah Barabai

Barkatullah, Ahmad (2017) Aspek-Aspek Pendidikan Dalam Kepemimpinan KH Hasan Basuni Pada Pondok Pesantren Darul Istiqamah Barabai. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (236kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (541kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (341kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (270kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (209kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Kepemimpinan/kyai dalam pondok pesantren merupakan pemegang kemudi pondok pesantren dalam menjalankan eksistensinya. Berkembang atau merosotnya pondok pesantren sebagian besar tergantung kepada pemimpin seorang kyai oleh karena itu pada aspek-aspek pendidikan dalam kepemimpinan seorang kyai yang sesuai akan memberikan dampak positif bagi pondok pesantren baik proses maupun hasil. Adapun tujuan penelitian ini Pertama, untuk mengetahui aspek-aspek pendidikan dalam kepemimpinan K.H.Hasan Basuni pada Pondok Pesantren Modern Darul Istiqamah Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah yang meliputi: Filosofi, nilai-nilai pendidikan dalam kepemimpinan K.H.Hasan Basuni pada pondok pesantren modern Darul Istiqamah, pendekatan kepemimpinan, prilaku dan interaksi kepemimpinan K.H.Hasan Basuni pada pondok pesantren modern Darul Istiqamah Barabai. Penelitian ini menggunankan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan (field research). Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun subjek penelitian adalah pengasuh, ustadz, dan staf pondok pesantren. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis kemudian dicek keabsahan data dengan cara trianggulasi sumber dan teknik. Dalam penelitian ini peneliti membatasi lingkup aspek-aspek pendidikan dalam kepemimpinan yang diteliti, yaitu diambil dari: (1) Filosofi pendidikan dalam kepemimpinan, (2) Nilai-nilai pendidikan dalam kepemimpinan, (3) Pendekatan pendidikan dalam kepemimpinan, (4) Prilaku pendidikan dalam kepemimpinan, (5) Interaksi pendidikan dalam kepemimpinan. Adapun hasil yang ditemukan dari penelitian ini yaitu: (1) Filosofi pendidikan dalam kepemimpinan yang diterapkan pengasuh pondok pesantren modern Darul Istiqamah Barabai adalah memberikan sumbangan pada masyarakat tentang ajaran agama Islam, memberikan manfaat bagi orang banyak, mempunyai niat dan tekat yang istiqomah, agar para alumni-alumninya tidak berharap dari pemberian orang lain. (2) Nilai-nilai pendidikan dalam kepemimpinan yang diterapkan pengasuh pondok pesantren modern Darul Istiqamah Barabai adalah Mengajarkan tentang berwirausaha sebagai bekal di masyarakat, menanamkan kepada seluruh bawahan agar menjadi orang yang berwirausaha yang amanah dan jujur, harus mempunyai jiwa yang ikhlas, jiwa kedisiplinandan istiqomah, berpikiran global/pandangan yang luas dan masa depan yang cermelang. (3) Pendekatan pendidikan dalam kepemimpinan yang diterapkan pengasuh pondok pesantren modern Darul Istiqamah Barabai adalahmemperdayakan bawahan, memberikan penghargaan dan evaluasi kepada bawahan, menumbuhkan rasa kepercayaan kepada diri bawahan atas kepemimpinan beliau, pemimpinyang berkerja keras, tidak kenal lelah dan intuisi yang tajam. (4) Prilaku pendidikan dalam kepemimpinan yang diterapkan pengasuh pondok pesantren modern Darul Istiqamah Barabai adalah sebagai uswah/teladan bagi bawahan, pengusaha yang gigih, ulet , pekerja keras dan tidak pantang menyerah, kehidupan yangb mandiri dan memberi motivasi. (5) Interaksi pendidikan dalam kepemimpinan yang diterapkan pengasuh pondok pesantren modern Darul Istiqamah Barabai adalah pengambilan keputusan, pendelegasi wewenang, pengawas kegiatan bawahan dan membangun komunikasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Ahmad Barkatullah Syarifuddin Sy
Date Deposited: 12 Jul 2017 00:43
Last Modified: 12 Jul 2017 00:43
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/7960

Actions (login required)

View Item View Item