EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Meningkatkan Hasil Belajar Materi Koperasi Mata Pelajaran IPS dengan Strategi Team Game Tournament (TGT) pada Siswa Kelas IVB MIN Sungai Lulut Kabupaten Banjar

Kamarudin, Kamarudin (2015) Meningkatkan Hasil Belajar Materi Koperasi Mata Pelajaran IPS dengan Strategi Team Game Tournament (TGT) pada Siswa Kelas IVB MIN Sungai Lulut Kabupaten Banjar. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (720kB) | Preview

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar materi koperasi mata pelajaran IPS pada siswa kelas IV MIN Sungai Lulut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Pada setiap siklus yakni siklus 1 dan siklus 2 terdiri atas dua kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IVB MIN Sungai Lulut tahun ajaran 2013/2014, dengan jumlah siswa 31 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi dan tes tertulis, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata dan persentasi. Penelitian ini menunjukkan (1) Aktivitas guru pada kegiatan pembelajaran materi koperasi dengan strategi Team Game Tournament (TGT) pada mata pelajaran IPS Kelas IVB berjalan dengan sangat baik sesuai dengan rencana, karena setiap akhir pembelajaran selalu diadakan refleksi untuk diadakan perbaikan. Aktivitas tersebut mengalami peningkatan sebesar 38,00%, yaitu dari 60,00% pada pertemuan pertama siklus I menjadi 98,00% pada pertemuan kedua siklus II; (2) Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan yang cukup baik, sebesar 44,00% yaitu dari skor rata-rata 54,00% (aktif) pada pertemuan pertama siklus I, meningkat menjadi 98,00% (sangat aktif) pada pertemuan kedua siklus II; (3) tindakan kelas untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi koperasi dengan strategi Team Game Tournament (TGT) pada mata pelajaran IPS, siswa kelas IVB MIN Sungai Lulut, dinyatakan berhasil dan tujuan pembelajaran tercapai. Hal ini dibuktikan dari hasil belajar siswa pada pelaksanaan siklus I sampai dengan siklus II yang menunjukkan adanya peningkatan sebesar 22,9%, yaitu dari nilai rata-rata 57,8 pada pertemuan pertama siklus I, menjadi rata-rata 80,7 pada pertemuan kedua siklus II. Ketuntasan belajar pun juga mengalami peningkatan yang sangat baik sebesar 65,43%, yaitu dari hanya 34,57% menjadi 100%. Penerapan Strategi Team Game Tournament (TGT) memperlihatkan keingintahuan yang tinggi dari diri siswa atas apa yang belum diketahui, semangat siswa dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru, dan berusaha mengerjakan tugas tersebut.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Sari Noor Azijah
Date Deposited: 30 Jul 2015 02:34
Last Modified: 30 Jul 2015 02:34
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/793

Actions (login required)

View Item View Item