EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Model Penilaian Autentik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (Studi Pada SMPN di Kabupaten Kapuas)

Ngadiman, Ngadiman (2017) Model Penilaian Autentik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (Studi Pada SMPN di Kabupaten Kapuas). Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (120kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (923kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (22kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (107kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (68kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (416kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (30kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)

ABSTRAK

Ngadiman: Model Penilaian Autentik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (Studi Pada SMPN di Kabupaten Kapuas), di bawah bimbingan (I) Dr. Hj. Nuril Huda, M.Pd. dan (II) Dr. Ani Cahyadi, M.Pd., Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari, Banjarmasin, 2017 Kata kunci: Model Penilaian, Penilaian Autentik, Pendidikan Agama Islam Pendidikan merupakan hal yang terpenting dalam kehidupan manusia. Hal ini karena menyangkut kehidupan manusia di masa yang akan datang. Setiap manusia berharap untuk selalu berkembang dalam pendidikan baik segi pengetahuan, ketrampilan maupun sikapnya. Hasil dari pendidikan itu hendaknya ada keseim-bangan antara pengetahuan, ketrampilan, maupun sikapnya. Hal inilah yang dikehen-daki dalam dunia pendidikan khususnya dalam penilaian autentik kurikulum 2013. Namun dalam kenyataannya belum semua guru menerapkan penilaian autentik seperti yang dikehendaki. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Bentuk desain model penilaian autentik mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yang dibuat oleh guru PAI, (2) Pelaksanaan desain model penilaian autentik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, (3) Hasil dari pelaksanaan desain model penilaian autentik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field research) yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu melakukan penelitian langsung ke lokasi untuk mendapatkan dan mengumpulkan data. Lokasi penelitian adalah SMP negeri di Kabupaten Kapuas yang ditunjuk oleh Badan Penelitian dan pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI sebagai piloting pelaksanaan kurikulum 2013 sebanyak 4 sekolah SMP negeri yaitu SMPN 1 Selat, SMPN 1 Basarang, SMPN 1 Kapuas Hilir dan SMPN 3 Kapuas Barat. Sumber data pokok adalah guru Pendidikan Agama Islam pada 4 sekolah tersebut yang berjumlah 6 orang guru. Teknik pengumpulan data adalah dengan wawancara, observasi partisipatif dan dokumentasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data melalui teknik triangulasi. Teknik analisis data versi Huberman dan Miles, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Desain model penilaian autentik ranah kognitif adalah dengan tes objektif dan bentuk penilaiannya tertulis, lisan dan penugasan. Jenis instrumennya adalah essay. 2) Untuk ranah psikomotor adalah unjuk kerja, 3) Untuk ranah afektifnya adalah penilaian diri, penilaian antar teman, dan pengamatan guru. Setiap ranah telah dilakukan oleh guru PAI dan BP, namun ada beberapa desain model penilaian autentik tidak dilakukan oleh guru PAI. Hasil dari penilaian itu berada di atas KKM yang telah ditetapkan sehingga dinyatakan tuntas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Ngadiman Ngadiman
Date Deposited: 12 Jul 2017 07:20
Last Modified: 12 Jul 2017 07:20
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/7907

Actions (login required)

View Item View Item