EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Standar Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada SMAN Di Kabupaten Tapin

Rafie, Rafie (2017) Standar Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada SMAN Di Kabupaten Tapin. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (227kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (356kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (110kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (523kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (95kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (274kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (243kB)

ABSTRAK

Rafie, 2017. “Standar Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Menegah Atas Negeri (SMAN) di Kabupaten Tapin”. Tesis,Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana UIN Antasari Banjarmasin, Pembimbing I Prof. Dr. H. Ahmad Fahmy Arief, MA, dan Pembimbing II Dra. Inna Muthmainnah, MA, Ph.D Kata kunci: Standar Proses, Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terbitnya Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Bagaimana pelaksanaan peraturan tersebut pada SMAN di Kabupaten Tapin perlu diteliti secara empiris sebagai evaluasi bagi pihak-pihak terkait. Fokus penelitian pada tesis ini dirumuskan (1) bagaimana perencanaan standar proses pembelajaran PAI pada SMAN di Kabupaten Tapin?; (2) bagaimana pelaksanaan standar proses pembelajaran PAI pada SMAN di Kabupaten Tapin?; (3) bagaimana penilaian proses dan hasil belajar pada pembelajaran PAI pada SMAN di Kabupaten Tapin?; (4) bagaimana proses pengawasan yang dilakukan oleh kepala sekolah dan pengawas PAI terhadap pelaksanaan pembelajaran PAI pada SMAN di Kabupaten Tapin?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lokasi penelitian adalah tiga SMAN di Kabupaten Tapin, yakni SMAN 1 Rantau, SMAN 1 Tapin Selatan, SMAN 1 Salam Babaris. Sumber data penelitian ini adalah guru PAI, kepala sekolah dan pengawas PAI. Analisis data pada penelitian ini terdiri dari empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menyimpulkan; (1) guru PAI memiliki dokumen Perencanaan pembelajaran berupa silabus dan Rencana Program Pembelajaran (RPP). Silabus pembelajaran secara umum dibahas dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan dikembangkan di sekolah masing-masing. Adapun RPP disusun secara mandiri oleh guru PAI; (2) pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru PAI secara umum telah mengikuti pedoman. Kegiatan pembelajaran dilakukan dengan kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Adapun hal yang masih sangat kurang adalah ketersedianan buku paket yang belum seimbang dengan jumlah peserta didik; (3) penilain proses dan hasil pembelajaran secara umum telah dilaksanakan oleh guru PAI dimulai dari membuat instrumen penilaian, melaksanakan penilaian, dan (mengolah, melaporkan dan memanfaatkan hasil penilaian); (4) pengawasan pembelajaran yang dilakukan oleh kepala sekolah dan pengawas PAI telah terlaksana sesuai dengan tupoksi kepala sekolah dan pengawas PAI.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: rafie fie ahmad
Date Deposited: 06 Jul 2017 02:49
Last Modified: 06 Jul 2017 02:51
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/7904

Actions (login required)

View Item View Item