EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti Berbasis Sumber Utama Pada SMKN 1 Dan SMKN 3 Kuala Kapuas

Mukri, Mukri (2017) Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti Berbasis Sumber Utama Pada SMKN 1 Dan SMKN 3 Kuala Kapuas. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (456kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (442kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (696kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (151kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (624kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (72kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (145kB)

ABSTRAK

MUKRI: Pengembangan Pembelajaran PAI Berbasis Sumber Utama pada SMKN 1 dan SMKN 3 Kuala Kapuas. Tesis IAIN Antasari Banjarmasin Tahun 2017. Pembimbing I: Prof. Dr. H. Ahmad Fahmy Arief, MA. Pembimbing II: Dr. H. Husnul Yaqin, M.Ed Kata Kunci : Pengembangan, Pembelajaran PAI, Sumber Utama Pembelajaran PAI selama ini berlangsung hanya menggunakan sumber belajar buku pegangan guru dan mencari materi melalui internet, sehingga terkadang materi tidak sesuai dengan yang sebenarnya dan siswa tidak mengetahui tentang sumber rujukan utama atau kitab karangan ulama terdahulu yang menjadi sumber rujukan. Penelitian ini bertujuan, untuk mengetahui (1) Bagaimana kondisi pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah, (2) Bagaimana desain pengembangan pembelajaran PAI berbasis sumber utama pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah. (3) Bagaiman implementasi pengembangan pembelajaran PAI berbasis sumber utama pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah. (4) Bagaiman Evaluasi Pengembangan Pembelajaran PAI Berbasis Sumber Utama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian research and development model ADDIE yang dipopulerkan oleh Raiser dan Mollenda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran PAI pada SMKN 1 dan SMKN 3 Kuala Kapuas tidak pernah dilakukan pengecekan materi secara mendalam kesumber rujukan utama pada saat pembelajaran seperti materi Ayat-ayat Al-qur an tentang menuntut ilmu, beragama melalui hukum Islam, meneladani dakwah Rasulullah SAW. Guru PAI seharusnya memperlihatkan atau membawa sumber rujukan utama pada saat pembelajaran PAI. (2) Desain Pengembangan Pembelajaran PAI ini meliputi: tujuan, materi, desai dan evaluasi. (3) Implementasi pengembangan pembelajaran PAI berbasis sumber utama dirancang dua tahap, yaitu tahap uji coba terbatas dengan dua siklus pada kelas XA3 SMKN 1 Kuala Kapuas. Serta uji luas pada Kelas XA3 SMKN 1 Kuala Kapuas dan kelas XD3 SMKN 3 Kuala Kapuas Kalimatan Tengah. Proses pembelajarannya, guru membuat RPP, membagi kelompok serta materi pembelajaran sebagai bahan diskusi, kemudian tanya jawab antara peserta dan kelompok yang presentasi tugas diskusi. (4) Dilakukan Evaluasi Pembelajaran PAI melalui pengembangan pembelajaran berbasis sumber utama, diketahui pengembangan pembelajaran PAI berbasis sumber utama dapat mengembangkan pembelajaran PAI dan menambah wawasan siswa terhadap pengetahuan keagamaan, di antaranya mengenal beberapa kitab kuning.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mukri Imuk Irii
Date Deposited: 05 Jul 2017 02:39
Last Modified: 05 Jul 2017 02:39
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/7867

Actions (login required)

View Item View Item