EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Supervisi Pembelajaran Kepala Madrasah terhadap Guru Mata Pelajaran Rumpun PAI di MTsN Kecamatan Anjir Muara Kabupaten Barito Kuala

Lamnah, Lamnah (2017) Supervisi Pembelajaran Kepala Madrasah terhadap Guru Mata Pelajaran Rumpun PAI di MTsN Kecamatan Anjir Muara Kabupaten Barito Kuala. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (594kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (117kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (228kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (120kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (668kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (39kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (105kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (164kB)

ABSTRAK

Lamnah; “Supervisi Pembelajaran Kepala Madrasah terhadap Guru Mata Pelajaran Rumpun PAI di MTsN Kecamatan Anjir Muara Kabupaten Barito Kuala”, di bawah bimbingan I: Prof. Dr. H. Kamrani Buseri, MA., II: Dr. Hj. Sessi Rewetty Rivilla, M.M.Pd. Tesis, pada Program Pascasarjana UIN Antasari Banjarmasin, 2017. Kata Kunci: Supervisi Pembelajaran, Kepala Madrasah, Guru Mata Pelajaran Rumpun PAI. Mutu pendidikan madrasah menjadi salah satu pilar pengembangan sumber daya manusia yang sangat penting maknanya bagi pembangunan nasional. Peningkatan kemampuan guru khususnya guru mata pelajaran rumpun PAI di MTsN Anjir Muara Kota Tengah dan MTsN Anjir Muara Km. 20 dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran di madrasah menjadi tanggungjawab Kepala Madrasah sebagai supervisor, pembina dan atasan langsung guru. Kepala Madrasah harus melaksanakan supervisi secara baik dan benar sesuai dengan prinsip-prinsip supervisi serta pendekatan dan teknik yang tepat serta melaksanakan tindak lanjut hasil supervisinya. Namun kenyataannya masih belum maksimal terlaksana. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif.Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi dengan menggunakan sumber data dari informan utama Kepala Madrasah dan Guru Mata Pelajaran Rumpun PAI. Selanjutnya data dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui tringulasi dan member check. Temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa Supervisi Pembelajaran Kepala Madrasah terhadap Guru Mata Pelajaran Rumpun PAI di MTsN Anjir Muara Kota Tengah dan MTsN Anjir Muara Km. 20 prinsip-prinsip yang sudah dijalankan meliputi prinsip ilmiah, demokratis, kerja sama, konstruktif dan kreatif. Namun di MTsN Anjir Muara Kota Tengah pada prinsip ilmiah Kepala Madrasah belum menyiapkan atau menggunakan instrumen dalam melaksanakan supervisi dan tidak ada jadwal supervisi sedangkan di MTsN Anjir Muara Km. 20 pada prinsip kreatif Kepala Madrasah belum dapat optimal menentukan sikap yang tepat dalam mengembangkan gagasan dan inisiatif guru-guru yang disupervisi dan dalam menyikapi permasalahan yang dihadapi guru-guru dalam pembelajaran. Semua prinsip itu sebagian besar sudah dijalankan dan dalam aplikasinya disesuaikan dengan situasi, kondisi dan kebutuhan guru. Proses Pelaksanaan Supervisi Pembelajaran di MTsN Anjir Muara Kota Tengah pada tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi belum maksimal dilaksanakan sedangkan di MTsN Anjir Muara Km. 20 pada tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi sudah dilaksanakan. Tindak lanjut Supervisi Pembelajaran di MTsN Anjir Muara Kota Tengah hanya dalam tahap pembinaan dari Kepala Madrasah dan Pengawas sedangkan di MTsN Anjir Muara Km. 20 dengan pembinaan oleh Kepala Madrasah dan Pengawas, pemantapan instrumen, dan pelaporan hasil supervisi. Kendala dalam pelaksananaan Supervisi Pembelajaran yang ditemukan pada kedua madrasah tersebut adalah keterbatasan waktu dan tenaga karena banyaknya tugas Kepala Madrasah, kurangnya pemahaman Kepala Madrasah tentang penilaian supervisi pembelajaran yang mengacu pada kurikulum 2013, kurangnya persiapan dari guru yang disupervisi, dan kurangnya fasilitas buku pegangan siswa untuk mata pelajaran keagamaan kurikulum 2013. Kendala lainnya di MTsN Anjir Muara Kota Tengah yaitu banyaknya perangkat pembelajaran yang harus dipersiapkan dan belum maksimalnya tindak lanjut yang dilaksanakan. Sedangkan kendala lainnya di MTsN Anjir Muara Km. 20 adalah pelaksanaan supervisi tidak dapat terlaksana secara konsisten sesuai jadwal yang semestinya dan lemahnya kreativitas Kepala Madrasah dalam supervisi pembelajaran. Adapun upaya Kepala Madrasah untuk mengatasinya dengan memberikan motivasi, pengarahan dan pembinaan kepada guru-guru akan pentingnya supervisi; melaksanakan workshop, sosialisasi dan pelatihan untuk kurikulum 2013; mengupayakan fasilitas yang memadai untuk pembelajaran; serta secara bersama-sama menciptakan lingkungan madrasah yang kondusif. Khusus pada MTsN Anjir Muara Km. 20 adanya pendelegasian wewenang kepada wakamad kurikulum dan guru senior dalam kegiatan supervisi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Lamnah Lamnah Lamnah
Date Deposited: 19 Jun 2017 01:37
Last Modified: 19 Jun 2017 01:37
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/7864

Actions (login required)

View Item View Item