EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Hubungan Antara Peran Supervisi Pengawas Dengan Kualitas Pembelajaran Dan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Gugus 4 Selat Kabupaten Kapuas, Program Studi Pendidikan Agama Islam

Karolina, Karolina (2017) Hubungan Antara Peran Supervisi Pengawas Dengan Kualitas Pembelajaran Dan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Gugus 4 Selat Kabupaten Kapuas, Program Studi Pendidikan Agama Islam. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (347kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (166kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (129kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (875kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (469kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (829kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (385kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Karolina, 2017. Hubungan Antara Peran Supervisi Pengawas Dengan Kualitas Pembelajaran Dan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Gugus 4 Selat Kabupaten Kapuas, Program Studi Pendidikan Agama Islam. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Syaifuddin Sabda, M.Ag, (II) Dr. Hj, Salamah, M.Pd. Tesis, pada Program Pascasarjana IAIN Antasari Banjarmasin. Kata Kunci: Hubungan, Pengawas, Guru, Siswa. Prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya guru bersangkutan. Kualitas pembelajaran guru tersebut meliputi penguasaan kurikulum, proses pembelajaran dan evaluasi yang kemudian dijabarkan melalui persiapan atau perencanaan pengajaran, metode atau cara-cara guru mengajar, motivasi mengajar, dan kedisiplinan guru dalam mengajar. Oleh karena itu, dibutuhkan peran pengawas (supervisor) untuk mendampingi para guru mata pelajaran agama Islam di sekolah, agar dapat membantu guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Metode survey adalah penelitian yang dilakukan pada populasi besar maupun kecil, tetapi data yang dipelajari adalah data dari sampel yang diambil dari populasi tersebut. Metode survey biasanya digunakan untuk menjelaskan hubungan-hubungan korelasional antara satu variabel dengan variabel lainnya (corelational relationship), di samping untuk menguji hipotesis dan signifikansinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bertujuan mengetahui besarnya hubungan antar variabel, dimana variabel peran supervisi pengawas dengan kualitas pembelajaran diduga berkorelasi dengan variabel prestasi belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar gugus 4 Selat Kabupaten Kapuas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Peran supervisi pengawas di SD gugus 4 Selat Kabupaten Kapuas mempunyai hubungan yang cukup dengan kualitas pembelajaran guru PAI. Besarnya hubungan antar kedua variabel tersebut adalah 0,563 dengan tingkat signifikasi 0,044; 2). Kualitas pembelajaran guru PAI mempunyai hubungan yang tinggi dengan prestasi belajar siswa di SD gugus 4 Selat Kabupaten Kapuas. Besarnya hubungan adalah 0,677 dengan tingkat signifikasi 0,016; dan 3). Peran supervisi pengawas dan kualitas pembelajaran guru PAI mempunyai hubungan yang relevan dengan prestasi belajar siswa di SD gugus 4 Selat Kabupaten Kapuas dengan hasil 0,563 dengan tingkat signifikasi 0,000.x Karolina, 2017. The Relationship between Supervisor Role with Learning Quality and Learning Achievement of Students of Islamic Education at Sekolah Dasar Gugus 4 Selat, Kapuas Regency. Islamic Education Study Program. Advisors: (I) Prof. Dr. H. Syaifuddin Sabda, M.Ag, (II) Dr. Hj. Salamah, M.Pd. Thesis. Post Graduate Program. IAIN Antasari Banjarmasin. Keywords: Relationship, Supervisor, Teacher, Student. Learning achievement of students is influenced by several factors, one of which is the teachers. Learning quality of teacher involves curriculum mastery, learning process, and evaluation which are then elaborated through preparation or instructional planning, methods or ways of teaching, teaching motivation, and teacher’s discipline in teaching. Therefore, superviso role is needed to accompany teacher in improving the quality of classroom teaching. The method used in this research is survey method. Survey method is a kind of research which is done in big or small population, but the data learned is data from sample taken from the population. Survey method is usually used to explain correlational relationship between one variable and another (correlational relationship), aside of testing hypotehsis and its significance. This research uses quantitative approach aiming to know how significant the relationship among variables is, in which supervising role of supervisor and learning quality as variables are assumed to be correlated with Islamic Education student learning achievement variable in Sekolah Dasar Gugus 4 Selat, Kapuas Regency. This research shows: 1) Supervisor role at SD Gugus 4 Selat Kapuas Regency has quite significant relationship with the learning quality of Islamic Education (PAI) teachers. Relationship significance bewen the two variables is 0,563 with significance level 0,044; 2) The learning quality of Islamic Teaching teachers has highly signigicant relationship with the learning achievement of students at SD Gugus 4 Selat, Kapuas Regency. The relationship significance is 0,677 with significance level 0,016; and 3) Supervisor role and learning quality of Islamic Education teachers has relevant connection with the learning achievement of students of SD Gugus 4 Selat, Kapuas Regency, with the result 0,563 and significance level 0,000.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email syahruji660@gmail.com
Date Deposited: 31 May 2017 01:52
Last Modified: 31 May 2017 01:52
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/7809

Actions (login required)

View Item View Item