EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Pemanfaatan Media Kartu Kata Bergambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Permulaan Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas I MIN Manarap Baru Kabupaten Banjar

Siti Noor, Jamilah (2015) Pemanfaatan Media Kartu Kata Bergambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Permulaan Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas I MIN Manarap Baru Kabupaten Banjar. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (424kB) | Preview

ABSTRAK

Tujuan penelitian yang ingin dicapai pada penelitian ini yaitu: untuk mengetahui pemnafaatan media kartu kata bergambar dapat meningkatkan hasil belajar dalam membaca dan ingin mengetahui aktivitas siswa dalam membaca melalui pemnafaatan media kartu kata bergambar pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas I MIN Manarap Baru Kecamatan Kartak Hanyar Kabupaten Banjar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Pada setiap siklus yakni siklus 1 dan siklus 2 terdiri atas dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I MIN Manarap Baru pada semester genap tahun ajaran 2013/2014, dengan jumlah siswa 19 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi dan tes tertulis, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata dan persentasi. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa aktivitas guru pada kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia melalui pemnafaatan media kartu kata bergambar berjalan dengan sangat baik dan sesuai dengan rencana, karena setiap akhir pembelajaran selalu diadakan refleksi sehingga dilakukan perbaikan pada siklus berikutnya. Aktivitas pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru tersebut mengalami peningkatan sebesar 23,08%, yaitu dari 73,07% pada pertemuan pertama siklus menjadi 96,15% pada pertemuan kedua siklus II. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan yang cukup berarti sebesar 30,00% yaitu dari skor rata-rata 60% (aktif) pada pertemuan pertama siklus I, meningkat menjadi 90% (sangat aktif) pada pertemuan kedua siklus II. Tindakan kelas untuk meningkatkan kemampuan membaca dan hasil belajar siswa meningkat melalui pemanfaatan media kartu kata bergambar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya terhadap aspek membaca siswa kelas I MIN Manarap Baru Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar, penelitian yang dilaksanakan dinyatakan berhasil dan tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal. Hal ini dibuktikan dari hasil belajar siswa pada pelaksanaan siklus I sampai dengan siklus II yang menunjukkan adanya peningkatan sebesar yaitu dari nilai rata-rata 5,68 pada pertemuan pertama siklus I, menjadi rata-rata 7,52 pada pertemuan kedua siklus II.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Sari Noor Azijah
Date Deposited: 30 Jul 2015 02:32
Last Modified: 30 Jul 2015 02:32
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/777

Actions (login required)

View Item View Item