EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif dengan Strategi TGT ( Teams Games Tournaments) pada Pembelajaran SKI di MI Mujahidin II Banjarmasin

Zubaidah, Siti (2014) Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif dengan Strategi TGT ( Teams Games Tournaments) pada Pembelajaran SKI di MI Mujahidin II Banjarmasin. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
Bab I - V.pdf

Download (420kB) | Preview

ABSTRAK

Siti Zubaidah. 2014. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif dengan Strategi TGT ( Teams Games Tournaments) pada Pembelajaran SKI di MI Mujahidin II Banjarmasin. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Drs. H. Hamdan, M. Pd. Penelitian ini dilatar belakangi ketertarikan untuk menggambarkan faktor apa saja yang menyebabkan berhasil nya pembelajaran dalam penggunaan strategi TGT, dengan lingkungan sekolah yang penduduknya dan peserta didik berasal dari keluarga dengan suku Madura, yang etika sopan santun terhadap guru kurang, serta siswa terbiasa ribut, dan guru menyalurkan keaktifan siswa yang sulit untuk diatur dengan cara menggunakan strategi TGT dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif dengan Strategi TGT ( Teams Games Tournaments) pada Pembelajaran SKI di MI Mujahidin II Banjarmasin, untuk mengetahui apa saja faktor yang menyebabkan berhasilnya pembelajaran SKI dengan menggunakan Strategi TGT di MI Mujahidin II Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan penelitian ini subjeknya adalah guru mata pelajaran SKI, dan objek penelitian adalah siswa kelas III yang terdiri dari 17 siswa dengan komposisi perempuan 10 siswa dan laki-laki 7 siswa, dan teknik pengambilan data dengan observasi dan wawancara. Teknik pengolahan data editing, klasifikasi data, skoring, tabuling, penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini analisis data lebih difokuskan selama dilapangan bersamaan dengan pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa observasi aktivitas siswa dan guru semakin hari semakin meningkat, dari observasi pertama aktivitas guru dalam melaksanakan strategi TGT memberikan persentasi 73 persen, meningkat menjadi 80,76 persen, hal ini membuktikan bahwa siswa menyukai implementasi strategi TGT, dan observasi selanjutnya memberikan hasil persentasi yang semakin baik dalam proses pembelajaran menjadi 84,6 persen, dan 88 persen, dan aktivitas siswa juga meningkat setiap proses pembelajaran yaitu 70,8 persen, 79 persen,83 persen, dan menjadi 87,5 persen, pembelajaran kooperatif strategi TGT lebih bernilai menyenangkan dan membuat keaktifan siswa tersalurkan sehingga proses belajar mengajar dengan menggunakan strategi TGT dianggap berhasil. Problema atau masalah dalam menggunakan strategi TGT ( Teams Games Tournament ) adalah Kadang hanya beberapa siswa yang aktif dalam kelompok, Kendala teknis misanya tempat duduk kadang sulit atau kurang mendukung untuk diatur kegiatan kelompok, cukup memakan waktu banyak. Dan kendala terbesar adalah manajemen waktu, sehingga guru harus benar-benar dapat memanfaatkan waktu sebaik-baiknya.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mr. Moch Isra Hajiri
Date Deposited: 30 Jul 2015 00:18
Last Modified: 30 Jul 2015 00:18
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/774

Actions (login required)

View Item View Item