EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Perilaku Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Pada Sekolah Dasar Islam Kota Palangka Raya

Andriani, Sumitra (2016) Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Perilaku Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Pada Sekolah Dasar Islam Kota Palangka Raya. Tesis, Pascasarjana.

This is the latest version of this item.

[img] Text
PERNYATAAAN.pdf

Download (453kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (294kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (228kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (401kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (479kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (481kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (164kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Dalam pelaksanaan pendidikan agama Islam terutama pada aspek metodologi pembelajaran, guru masih cenderung bersifat normatif, teoritis dan kognitif artinya dalam proses pembelajaran guru masih menggunakan satu metode saja, sedangkan guru sebagai salah satu pelaksana pendidikan di sekolah dituntut untuk mampu menciptakan situasi dan kondisi pembelajaran yang hidup dan menyenangkan, jadi perlu adanya variasi metode pembelajaran yang relevan dengan materi pelajaran yang disampaikan. Penerapan metode bercerita bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif metode pembelajaran yang digunakan dalam pendidikan agama Islam, khususnya dalam pembelajaran Aqidah Akhlak, dengan metode tersebut selain bisa cepat mengena di hati para siswa juga tidak mudah membuat bosan. Karena dalam metode bercerita para siswa dapat mengambil ibrah atau pelajaran dari kisah para Nabi atau orang-orang terdahulu, untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.Permasalahannya bagaimana metode bercerita dapat diterapkan secara efektif sehingga pelaksanaan pembelajaran Aqidah Akhlak mendapatkan respon yang positif, menarik perhahtian, dapat dikembangkan dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.Juga bagaimana pengaruhnya terhadap perilaku dan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan metode pembelajaran berdasarkan pada konsep pendidikan Islam, kemudian penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang melalui empat langkah metode.langkah pertama; Observasi, mengamati segala kegiatan belajar mengajar, identifikasi kebutuhan pembelajaran, juga mengamati materi pembelajaran sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar, langkah kedua; Tes adalah pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab dan atau perintah-perintah yang harus dijalankan, yang mendasarkan harus bagaimana testee menjawab pertanyaan-pertanyaan atau melakukan perintah-perintah itu, penyelidik mengambil kesimpulan dengan cara membandingkan dengan standart atau testee lainnya. Langkah Ketiga, Angket, merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden untuk dijawabnya.Langkah Keempat, Wawancara, mewawancarai Guru dan Siswa dalam kegiatan belajar mengajar yang telah peneliti amati. Langkah kelima, Dokumentasi, mendokumentasikan segala sesuatunya baik berbentuk data yakni antara lain data adminitrasi, data pendidik, peserta didik dan data gambar pelaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan metode bercerita terhadap hasil belajar hal ini berdasarkan data hasil pretest dan posttest kelas mereka yang menunjukkan cukup bagus.hasil belajar siswa kelas IV(eksperimen) diperoleh nilai rata-rata 75,30, sedangkan hasil belajar siswa kelas V(control) diperoleh nilai rata-rata 71,67. Hasil belajar akhir postes kelas IV (eksperimen) lebih tinggi (75,30) dari pada kelas V (control) diperoleh nilai rata-rata (71,67).Dari hasil uji hipotesis menunjukkan nilai yang telah distribusikan ke dalam rumus uji T maka diperoleh Thitung 3,121 dan nilai Ttabel 2,000 dengan taraf signifikansi 0,05 yang menunjukkan bahwa Thitung> Ttabel, maka Ha : μ1 > μ2 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa setelah diuji menggunakan Separated varian, metode berceritayang digunakan memiliki perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik. Dan nilai Thitung dengan taraf sig <0,05, menunjukkan nilai sebesar 0,003 yang menyatakan bahwa hipotesisi Ha diterima dan Ho ditolak. Hipotesis Ha terdapat perbedaan yang signifikan metode bercerita pada kelas eksperimen (iv) dan kelas kontrol (v) Terdapat pengaruh yang signifikan metode bercerita terhadap perilaku pada mata pelajaran Aqidah Akhlak siswa kelas IV dan V Sekolah Dasar Muhammadiyah Pahandut Palangka Raya. Hal ini dapat dibuktikan dengan pengujian hipotesis menggunakan uji analisis perbedaan antara frekuensi observasi (fo) dan frekuensi teoritis (ft) dan rata-rata perhitungan pada df sebesar 2 dan df sebesar 3. Dengan df sebesar 2, maka diperoleh X2sebagai berikut : - Pada taraf signifikansi 5%: Xt2= 5,991 - Pada taraf signifikansi 1%: Xt2= 9,210 Dengan demikian diperoleh hasil X2 jauh lebih besar dari pada Xt2 yaitu5,991 <32,68>9,210, hipotesis nihil ditolak. Dengan df sebesar 3 maka, diperoleh X2sebagai berikut : - Pada taraf signifikansi 5%: Xt2= 7,815 - Pada taraf signifikansi 1%: Xt2= 11,345 Dengan demikian diperoleh hasil X2 jauh lebih besar dari pada Xt2 yaitu 7,815 <39,76>11,345, hipotesis nihil ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa antara metode bercerita terhadap perilaku pada mata pelajaran Aqidah Akhlak siswa kelas IV dan V Sekolah Dasar Muhammadiyah Pahandut Palangka Raya metode bercerita mempengaruhi sedikit banyak perilaku atau akhlak mereka dalam kesehaarian.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: sumitra andriani
Date Deposited: 04 Apr 2017 03:07
Last Modified: 04 Apr 2017 03:07
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/7720

Available Versions of this Item

  • Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Perilaku Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Pada Sekolah Dasar Islam Kota Palangka Raya. (deposited 04 Apr 2017 03:07) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item