EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Pembentukan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Pramuka Pada Gugus Depan 157-158 MIN Sampit dan Gugus Depan 47-48 MTsN Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah

Jusman, Jusman (2017) Pembentukan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Pramuka Pada Gugus Depan 157-158 MIN Sampit dan Gugus Depan 47-48 MTsN Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah. Tesis, Pascasarjana. (Unpublished) (Unpublished) (Unpublished)

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (194kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (428kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (94kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (165kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (425kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (821kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (100kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (311kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (339kB)

ABSTRAK

Jusman; Pembentukan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Pramuka Pada Gugus Depan 157-158 MIN Sampit dan Gugus Depan 47-48 MTsN Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah di bawah bimbingan I: Dr. H. Ridhahani Fidzi, M.Pd., dan II Dr. Hj. Romdiyah, M.Pd., pada Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Antasari Banjarmasin, ( tahun 2017). Kata Kunci: Pembentukan Karakter Siswa Pembentukan karakter yang selama ini dilaksanakan oleh berbagai pihak ternyata belum berhasil sepenuhnya, hal ini dikarenakan kegiatan yang menjadi point pokok dalam membentuk karakter kurang mengena kepada peserta didik. Melalui kegiatan pramuka, pembentukan karakter dapat dicapai dengan maksimal, karena kegiatan pramuka telah mencakup keseluruhan aspek nilai-nilai karakter yang telah ditetapkan oleh Undang-Undang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana program pembentukan karakter, proses/aktivitas pembentukan karakter, karakter apa saja yang dimiliki oleh siswa, serta faktor pendukung dan penghambat pembentukan karakter pada kegiatan Pramuka di Gugus Depan 157-158 MIN Sampit dan gugus depan 47-48 MTsN Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan berjenis penelitian lapangan. Pembina pramuka, dan anggota pramuka dipilih sebagai informan kunci (key informan). Data diperoleh dengan wawancara (interview), dokumen (document) dan observasi (observation). Proses analisis data menggunakan model Spradley. Dan pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan langkah credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Ada empat hasil temuan yang diperoleh, yaitu, (1) Program Pembentukan Karakter Pada Kegiatan Pramuka terdiri dari : karakter disiplin, religius, jujur, cinta damai, komunikatif, peduli lingkungan, tanggung jawab, cinta tanah air/ patriotisme, mandiri, kreatif, gemar membaca, rasa ingin tau, kerja keras, peduli sosial, toleransi, semangat kebangsaan, prestasi, dan demokratis. (2) Proses atau Aktivitas Pembentukan Karakter Pada Kegiatan Pramuka terjadi pada kegiatan Ketrampilan Tali Temali, Keterampilan Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD), Ketangkasan Pionering, Keterampilan Morse dan Semaphore, Membaca Sandi Pramuka, Penjelajahan dengan Tanda Jejak, Kegiatan Pengembaraan, Ketrampilan Baris-Berbaris (KBB), dan Menentukan Arah (Kompas), (3) Karakter siswa yang mengikuti kegiatan pramuka memiliki karakter dalam belajarnya yang disebut dengan karakter belajar observasional, dan siswa yang mengikuti kegiatan pramuka terhidar dari aktivitas atau indikasi kenalan remaja. Sedangkan siswa yang tidak mengikuti kegiatan pramuka lebih rentan terkena kenakalan remaja dan memiliki sifat belajar yang tekstual (4) Faktor pendukung penyelenggaraan kegiatan pramuka di MIN Sampit dan MTsN Sampit adalah : (a) dukungan dari sekolah, (b) ada biaya dari pemerintah melalui dana BOS, (c) tempat latihan cukup luas, (d) dukungan orang tua cukup besar, (e) kegiatan pramuka diwajibkan pada siswa MIN dan di MTsN Sampit, (f) dukungan dari pemerintah setempat (g) program pemerintah melalui kwartir Cabang mengadakan lomba prestasi pramuka setiap tahun. Sedangkan faktor penghambatnya adalah : (a) selain kendala waktu, (b) terbatasnya Pembina pramuka di MIN dan Di MTsN Sampit, (c) anggota pramuka terlalu banyak. (d) Kompetesi Pembina Pramuka yang belum matang, karena sebagian besar belum mengikuti KMD dan KML.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SAG JUSMAN JUSMAN
Date Deposited: 12 Apr 2017 01:33
Last Modified: 12 Apr 2017 01:33
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/7674

Actions (login required)

View Item View Item