EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Sistem Rekrutmen Dan Pembinaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Bina Amal Semarang Jawa Tengah

Mahyuni, Anshari (2017) Sistem Rekrutmen Dan Pembinaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Bina Amal Semarang Jawa Tengah. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (263kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (687kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (56kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (436kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (696kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (689kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAK.pdf

Download (234kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Mahyuni Anshari, 2017. “Sistem Rekrutmen dan Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Bina Amal Semarang Jawa Tengah”. Tesis, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana IAIN Antasari Banjarmasin, Pembimbing I Dr. Ahmad Salabi, M.Pd., dan Pembimbing II Dr. Dina Hermina, M.Pd. Kata kunci: Rekrutmen, Pembinaan, Sistem, Pendidik dan Tenaga Kependidikan, SDIT Bina Amal Semarang. Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa di Kota Semarang terdapat Yayasan Bina Amal yang cukup sukses dalam mengelola pendidikan Islam terpadu, sehingga menjadi sekolah favorit di mata masyarakat. Hal ini diduga karena yayasan bersama sekolah dan pihak terkait mampu melakukan sistem pembinaan pendidik dan tenaga kependidikannya secara terarah, terencana dan dengan penguatan pendidikan Islam yang dibutuhkan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses rekrutmen pendidik dan tenaga kependidikan pada Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Bina Amal Semarang, mengetahui sistem pembinaan yang dilakukan serta mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya. Subjek penelitian adalah pengurus yayasan, kepala sekolah, guru, pengurus jaringan sekolah Islam Terpadu. Objek penelitian adalah sistem rekrutmen dan pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan. Data lapangan digali melalui teknik observasi, wawancara dan dokumenter. Hasil penelitian menyimpulkan, Proses rekrutmen pendidik dan tenaga kependidikan pada SDIT Bina Amal Semarang dilakukan secara berjenjang, mulai dari perencanaan ketenagaan, penerimaan, perekrutan, seleksi, masa orintasi, masa percobaan kerja hingga diangkat menjadi guru tidak tetap yayasan (GTTY) dan guru tetap yayasan (GTY) dengan sistem penggajian dan perkembangan karier yang sudah ditentukan oleh yayasan. Sistem pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan pada SDIT Bina Amal Semarang dilakukan secara optimal melalui peran yayasan, pimpinan unit sekolah, guru sejawat dan jaringan sekolah Islam terpadu, pihak dinas pendidikan, Kementerian Agama, para praktisi pendidikan dan sejumlah organisasi dan perusahaan yang peduli terhadap perkembangan pendidikan. Pembinaan dititikberatkan pada peningkatan kompetensi paedagogik, profesional, kepribadian dan sosial, dengan penguatan di bidang pendidikan Islam dan Alquran. Faktor pendukung dalam pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan pada SDIT Bina Amal Semarang adalah peran optimal pengurus yayasan, kemampuan manajemen pimpinan unit sekolah, pembinaan oleh JSIT, dukungan masyarakat dan organisasi di luar yayasan. Faktor penghambatnya adalah masih beragamnya latar belakang pendidikan guru yang mengajar di sekolah serta terlalu padatnya mata pelajaran yang dibebankan oleh kurikulum nasional, sehingga menyulitkan untuk memfokuskan pembinaan karena banyaknya guru dan mata pelajaran yang harus dibina. ABSTRACT Mahyuni Anshari, 2017. "Recruitment and Coaching System for Educators and Educational Personnel in Integrated Islamic Primary School (SDIT) Bina Amal Semarang Central Java". Thesis, Department of Islamic Education Management, Postgraduate IAIN Antasari Banjarmasin, Supervisor I Dr. Ahmad Salabi, M.Pd., and Supervisor II Dr. Dina Hermina, M.Pd. Keywords: Recruitment, Coaching, System, educators and educational personnel, SDIT Bina Amal Semarang. This research is motivated that in Semarang are Yayasan Bina Amal is quite successful in managing integrated Islamic education, so that it becomes a favorite school in the public eye. This is presumably because the foundation with schools and other interested parties were able to do a coaching system educators is directed, planned and with the strengthening of Islamic educational needs of society. This study aims to determine the recruitment process educators at the elementary school ISLAM (SDIT) Bina Amal Semarang, knowing guidance system performed as well as determine the factors supporting and inhibiting. Subjects were trustees, principals, teachers, administrators integrated network of Islamic schools. The field data collected through observation, interviews and documentaries. The study concluded, recruitment process of educators and educational personnel on SDIT Bina Amal Semarang conducted in stages, from planning energy, admission, recruitment, selection, time orientation, probation until he was appointed as a teacher precarious foundation (GTTY) and teachers remain the foundation (GTY) with the payroll system and career development that have been determined by the foundation. System coaching educators at SDIT Bina Amal Semarang conducted optimally through the role of foundations, unit leaders, teachers, peers and network of Islamic schools integrated, the education department, the Ministry of Religion, education practitioners and a number of organizations and companies that care about the development of education , Coaching focused on improving the competence paedagogik, professional, personal and social, with the strengthening in the field of Islamic education and al-Qoran. The supporting factors in coaching educators at SDIT Bina Amal Semarang is the optimal role of trustees, management capability unit leaders of the school, coaching by JSIT, support people and organizations outside of the foundation. Inhibiting factor is still diverse educational background of teachers who teach in schools and overcrowding subjects imposed by the national curriculum, making it difficult to focus on coaching because of the number of teachers and subjects that must be nurtured.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mahyuni Anshari
Date Deposited: 16 Mar 2017 08:03
Last Modified: 16 Mar 2017 08:03
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/7629

Actions (login required)

View Item View Item